BIN Daerah Sumut Bersama Rutan Kelas IIB Balige Gelar Vaksinasi Warga Binaan

  • Bagikan
BIN Daerah Sumut gelar vaksinasi terhadap warga binaan Rutan Kelas IIB Balige, Rabu (29/4). Waspada/Ist
BIN Daerah Sumut gelar vaksinasi terhadap warga binaan Rutan Kelas IIB Balige, Rabu (29/4). Waspada/Ist

TOBA (Waspada): Bulan Ramadan tak menyurutkan semangat jajaran Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara (BIN Sumut) dalam melayani kebutuhan vaksinasi masyarakat.

Penyelenggaraan vaksinasi bahkan sampai ke dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) sebagai bagian dari strategi jemput bola atau door to door untuk mendekatkan warga sasaran dengan layanan vaksinasi.

Demi menggenjot percepatan vaksinasi, BIN Daerah Sumut menggelar vaksinasi Covid-19 di Rutan Kelas IIB Balige dengan dibantu Tim Vaksinator Puskesmas Tandang Buhit Balige. Vaksinasi ini melayani vaksinasi tahap I, II dan III (booster) bagi warga binaan, Rabu (20/4).

KaBIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana menjelaskan hari ini pihaknya melaksanakan vaksin di sejumlah kabupaten/kota, untuk sasarannya anak-anak 6-11 tahun, masyarakat dan lansia.

“Vaksinasi di lingkungan Rutan dan Lapas ini merupakan bentuk kepedulian BIN terhadap warga yang sulit mendapatkan akses, tak seperti masyarakat pada umumnya. Atas dukungan Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Sumut, Drs Imam Suyudi kegiatan berlangsung hingga saat ini,” kata Asep.

Dalam pelaksanaannya, imbuh Asep, tidak ada perbedaan yang diberlakukan kepada masyarakat.

“Semua warga kami berikan kemudahan untuk mendapat vaksin Covid-19, termasuk bagi warga binaan di Lapas dan Rutan, karena virus ini bisa menjangkiti siapa saja dan di mana saja. Jadi sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat,” sambungnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Balige Kanwil Kumham Sumut, Henri Damanik di sela pelaksanaan vaksinasi mengatakan vaksinasi Covid-19 ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun yang jatuh pada 27 April 2022.

“Kami keluarga besar Rutan Kelas IIB Balige mengucapkan terimakash kepada BIN atas kerjasamanya dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Rutan Kelas IIB Balige terhadap warga binaan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tutup Henri Damanik. (rg)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.