banner 325x300

BI Kembali Selenggarakan Festival Karya Kreatif Indonesia

  • Bagikan
Sekda Tapsel Parulian Nasution saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan festifal Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang berlangsung secara virtual di Rumah Gallery Tenun Tapsel, Siprok. (Waspada/Ist)

TAPSEL (Waspada): Bank Indonesia (BI) kembali selenggarakan Festival Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri ke tiga yang digelar secara virtual, berlangsung dari 20 hingga 22 November.

Festival yang bertemakan UMKM Sahabat Milenial itu dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Pembukaan festival KKI 2020 itu diikuti Sekda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Parulian Nasution bersama Kepala Perwakilan BI Cabang Sibolga Aswin Kosotali.

Ibu Negara mengapresiasi pelaku UMKM yang tidak mengenal kata menyerah untuk memajukan usahanya di tengah pandemi Covid-19. Pelaku UMKM juga dinilai memiliki daya inovasi yang semakin maju dan semakin kreatif.

“Pandemi memberikan banyak hikmah, terutama mendorong UMKM beralih ke digital. Hal ini membuat produk-produk UMKM semakin cepat dikenal di dunia internasional. Membuat UMKM kita semakin maju dan naik kelas.” ujar ibu Negara, Jumat (20/11)

Kata Iriana, semangat untuk memajukan UMKM tidak boleh surut meki di dalam situasi Covid-19. Menurutnya, Pemanfaatan digital untuk usaha utamanya bagi milenial sangat menjanjikan, karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat besar dan mereka sudah terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi.

Pemerintah telah memberi banyak kemudahan melalui banyak program pengembangan kewirausahaan, UMKM, termasuk untuk kaum milenial untuk mendorong budaya entrepreneur (pencipta ide Produk) karena anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru , siap go global mendunia membawa nama- nama produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional.

Dalam kesempatan itu Iriana mengajak untuk mencintai produk Indonesia, dia juga menghimbau untuk bersama-sama bergotong royong mengembangkan produk Indonesia, dengan membeli produk Indonesia dan bangga menggunakanya .

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan kegiatan tersebut mengutamakan upaya penguatan kelembagaan UMKM, kapasitas UMKM dalam pencitraan nilai tambah termasuk melalui digitalisasi dan pembiayaan untuk perluasan akses keuangan UMKM.

Diakhir acara yang berlangsung secara virtual itu, Sekda Tapsel menyampaikan apresiasi terhadap BI yang menyelenggarakan KKI 2020 seri itu. Sekda berharap kedepan KKI yang diselenggarakan itu akan memunculkan motivasi- motivasi baru bagi UMKM di Tapsel, sehingga dalam pengembangannya UMKM Tapsel dapat lebih maju.

Kepala Perwakilan BI Cabang Sibolga Aswin Kosotali mengatakan khususnya di Tapsel, BI memiliki komitmen untuk meningkatkan UMKM. Katanya dalam upaya peningkatan itu BI berupaya meningkatkan kapasitas, termasuk kualitas peningkatan mutu dan peningkatan pasar di era digital marketing.

Turut hadir delam acara virtual itu, Kadis Pariwisata Abdul Saftar Harahap, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Ahmad Raja Nasution dan Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar. (a31)

 

  • Bagikan