BBPJN Sumut Sediakan Jalan Layak Jelang Mudik Lebaran

  • Bagikan
BBPJN Sumut melalui PPK 3.5 Nias terus melakukan upaya perbaikan dan pemeliharaan jalan di daerah Kepulauan Nias jelang arus muduk lebaran. Waspada/Ist
BBPJN Sumut melalui PPK 3.5 Nias terus melakukan upaya perbaikan dan pemeliharaan jalan di daerah Kepulauan Nias jelang arus muduk lebaran. Waspada/Ist

GUNUNGSITOLI (Waspada): Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumut melalui PPK 3.5 Nias bekerja keras melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan di daerah itu guna persiapan mudik lebaran tahun ini.

Staf PPK 3.5, Nias, Ariel Hutauruk, Kamis  (28/4) kepada wartawan menjelaskan untuk mencipatkan jalan layak j3lang mudik lebaran ada beberpa pekerjaan yang dilakukan diantaranya patching atau tutup lubang, pembersihan drainase, pembuatan pasangan batu dan pengendalian tanaman.

Menurut Ariel Hutauruk saat ini sedang berjalan kegiatan pengaspalan di jalan nasional KM 52+500 di Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias dan 80+200 di Kecamatan Lahusa, Kabupaten Nias Selatan. Pekerjaan patcing atau tutup lubang dilaksanakan di banyak titik di sepanjang ruas jalan nasional Kota Gunungsitoli – Telukdalam.

“Pasangan batu untuk pembangunan parit dilaksanakan di kawasan ruas jalan  Pelabuhan Baru Gunungsitoli bertujuan mengantisipasi genangan air dan agar tidak terjadi banjir. Demikian juga pelaksanaan pegendalian tanaman dan pembersihan drainase untuk mendukung arus mudik, memperlancar lalu lintas, apalagi menjelang lebaran,” ujar Ariel.

Selain mendukung arus mudik lebaran, upaya perbaikan jalan juga dalam mendukung pelaksanaan kompetisi Surfing Nias Pro yang segera dilaksanakan di Telukdalam Nias Selatan (Nisel) dengan kaitannya pengembangan pariwisata di Kepulauan Nias.

Ariel menambahkan kegiatan tahunan ini akan mendatangkan peselancar peselancar nasional hingga internasional ke Nisel. “Kita juga berkomitmen mendukung promosi wisata di Kepulauan Nias. Jalan yang layak akan menciptakan kenyamanan bagi tamu dan peselancar nantinya sehingga dapat meningkatkan minat kunjungan para wisatawan di daerah ini,” tambahnya..

Dia menegaskan pengelola jalan nasional sigap dalam setiap kerusakan jalan serta potensi gangguan sehingga seluruh masyarakat, serta tamu yang datang ke Pulau Nias dapat merasakan kenyamanan menggunakan jalan.

Untuk itu PPK 3.5 meminta dukungan masyarakat dalam pelaksanaan pemeliharaan jalan dan jembatan yang sedang dilaksanakan. Dukungan warga akan menciptakan dampak positif serta jaminan kualitas.

Sementara itu sejumlah warga berharap pemeliharan dan perbaikan jalan nasional terus dilakukan secara berkesinambungan sehibgga arus trasportasi yang menghubungkan Kota Gunungsitoli dengan Kabupaten Nias Selatan semakin lancar.

Warga juga meminta agar beberapa ruas jalan nasional yang badan jalannya masih sempit untuk dilakukan pelebaran.(a26/B)

.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *