Waspada
Waspada » Bawaslu Humbahas Sosialisasi Pengawasan Pilkada
Headlines Sumut

Bawaslu Humbahas Sosialisasi Pengawasan Pilkada

BAWASLU Humbahas tengah melaksanakan sosialisasi pengawasan Pilkada serentak 2020. Waspada/Ist
BAWASLU Humbahas tengah melaksanakan sosialisasi pengawasan Pilkada serentak 2020. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) gelar sosialisasi pengawasan Pilkada kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perangkat desa di daerah itu, bertempat di Nowly Hotel, Doloksanggul, Kamis (22/10).

Ketua Bawaslu Humbahas, Henri Wesley Pasaribu didampingi anggota Bawaslu Humbahas, Efrida Purba dan Koordinator Sekretariat, Robinson Hasugian menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan lanjutan sosialisasi netralitas ASN.

Sebelumnya, Rabu (21/10) sosialisasi netraliras ASN yang sama sudah dilaksanakan di daerah itu. “Sosialisasi ini merupakan kegiatan lanjutan dari prinsip pencegahan yang dilakukan Bawaslu Humbahas. Di mana sebelumnya, kegiatan yang sama terkait Netraliras ASN,” ujarnya.

Henri berharap kegiatan ini dapat mencegah pelanggaran yang mungkin terjadi dalam tahapan Pilkada serentak Tahun 2020. “Pelanggaran dalam Pilkada kadang kita lakukan karena tidak mengetahui. Untuk itu, setelah kegiatan ini, kita semua menjadi pelopor pencegahan dan pengawasan di lingkungan kerja kita masing-masing,” tambahnya.

Dalam pemaparan materi, Henri menguraikan larangan-larangan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. Hal apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh pasangan calon dan perangkat desa.

“Dalam undang-undang pilkada, kegiatan kampanye tidak diperbolehkan di rumah ibadah. Dan dalam hal ini Bawaslu sudah menyurati setiap rumah ibadah yang ada di Humbang Hasundutan,” tukasnya.

Sekaitan dengan perangkat desa, Henri menyampaikan larangan perangkat desa ikut dalam politik prkatis. “Di dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada jelas aturan yang melarang perangkat desa ikut dalam kampanye secara khusus Pasal 70 dan Pasal 71,” pungkasnya. (cas)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2