Waspada
Waspada » Bawaslu Humbahas Monitoring Perekrutan PKD
Sumut

Bawaslu Humbahas Monitoring Perekrutan PKD

KORDIV OSDM Bawaslu Humbahas, Efrida Purba (keempat dari kiri) foto bersama dengan Panwascam Lintongnihuta. Foto : Waspada/Horden Silalahi

DOLOKSANGGUL (Waspada) : Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kab.Humbang Hasundutan (Humbahas), lakukan monitoring perekrutan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pilkada Tahun 2020, Rabu (19/2) ke berbagai kecamatan.

Kordinator Divisi Organisasi Sumber Daya Manusia (Kordiv OSDM) Bawaslu Humbahas, Efrida Purba saat monitoring perekrutan PKD di Sekretatiat Panwaslu Kec. Lintongnihuta, menekankan agar perekrutan pengawas ad hoc tingkat Kelurahan dan Desa mempedomani petunjuk teknis (juknis) sesuai dengan Perbawaslu Nomor 8/2019 tentang perubahan kedua atas Perbawaslu Nomor 19/2017 tentang Pembentukan, dan perubahan antar Bawaslu Provinsu, Bawaslu Kab/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Luar Negeri, dan Pengawas Tempat Pemunguran Suara (TPS).

“Perekrutan PKD harus selektif. Baik dari syarat administrasi dan kemampuan calon PKD yang berkaitan dengan kepemiluan. Selain itu, harus sehat jasmani dan rohani, bebas dari penyalahgunaan narkoba, tidak terikat dengan partai, dan bersedia bekerja penuh waktu,” tukas Efrida.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kec. Lintongnihuta, Perikles Lumbantoruan kepada wartawan menyampaikan, bahwa perekrutan PKD di Kec. Lintongnihuta, berjalan dengan baik sebagaimana ketentuan yang berlaku.

.”Sesuai time line yang ada di juknis, bahwa perekrutan PKD dimulai 16 sampai 22 Februari 2020. Syarat dan ketentuan juga kita laksanakan dengan baik,” imbuhnya.

Perikles menambahkan, calon PKD yang sudah memenuhi syarat administrasi, akan langsung dilakukan test wawancara yang meliputi empat aspek, yakni pengetahuan kepemiluan dan pengawas Pemilu, integritas, komitmen kerja penuh waktu, dan pengetahuan lokal.(chs)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2