Waspada
Waspada » Baru Tiga Bulan Dilantik, Radiapoh H Sinaga Sudah Ganti 5 Pejabat Simalungun
Headlines Sumut

Baru Tiga Bulan Dilantik, Radiapoh H Sinaga Sudah Ganti 5 Pejabat Simalungun

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. Waspada/Ist
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. Waspada/Ist

 

SIMALUNGUN (Waspada): Tampaknya Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, memang sudah tak sabar menunggu waktu 6 bulan sesuai aturan yang dikeluarkan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Tito Karnavian tentang pergantian pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN).

Belum penuh tiga bulan usia jabatannya setelah dilantik Gubsu pada 26 April 2021 lalu, orang nomor satu di tanah ‘Habonaron Do Bona’ itu sudah mengganti 5 pejabat eselon II di jajaran Pemkab Simalungun.

Padahal Mendagri sudah mengingatkan tentang larangan melakukan mutasi atau pergantian sampai enam bulan setelah dilantik. Kata Mendagri, hanya ada tiga syarat yang membolehkan kepala daerah melakukan mutasi ASN. Pertama jika ASN itu meninggal dunia atau wafat, kedua jika ASN bersangkutan melakukan perbuatan pidana atau ditahan dan ketiga jika jabatan itu kosong. Dari tiga syarat tersebut tidak satu pun yang dilanggar, namun penguasa yang akrab dengan sebutan pak RHS itu tetap mengganti pejabat yang terkait.

Jumat (16/07/2021) Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, mengganti 4 pejabat eselon II sekaligus. Sebelumnya ketika baru menjabat kurang dari satu bulan, bupati juga telah mengganti 1 Pelaksana Tugas (Plt) pejabat eselon II Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Sehingga jumlah pergantian jabatan eselon II yang dilakukan bupati dalam tempo 3 bulan sudah 5 pejabat.

Selain mengganti pejabat Plt. di eselon II, bupati juga telah mengganti beberapa pejabat eselon III di lingkungan Dinas Pendidikan. Anehnya, pejabat penggantinya juga berstatus pelaksana tugas dari jabatan eselon III.

Pergantian pejabat dilakukan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Simalungun. Para pejabat yang diganti antara lain Plt. Kepala Dinas PSDA Budiman Silalahi digantikan oleh Jamahaen Purba. Plt. Kadispora Denry Alpian Saragih digantikan Ramadan Damanik, Plt. Kepala BPBD Fritzs Ueky Damanik digantikan Bob Fresly Saragih. Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Hormauli Purba digantikan Budi S Sirait. Kemudian sebelumnya, Plt. Kadis Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Eva Tambunan, digantikan kepada Frans Saragih yang juga menjabat sebagai Kadis Pendapatan.

Kepala Badan KPPD Kab. Simalungun, Jamesrin Saragih, dikonfirmasi Waspada.id, melalui selularnya, Sabtu (17/7) membenarkan adanya pergantian pejabat dimaksud bahkan SK pengangkatan sebagai Pelaksana Tugas sudah diberikan kepada pejabat yang diangkat. Sementara, pejabat yang diganti tetap pada posisi jabatan definitif sebagai eselin III pada OPD-nya.

“Benar ada pergantian jabatan Pelaksana Tugas (Plt) saja. Tidak ada istilah dipindahkan, karena Plt yang lama tetap sebagai eselon III definitif pada OPD-nya semula,” kata Jamesrin.(a27)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2