Waspada
Waspada » Barongsai Meliuk Liuk Di Pantai Bebas Parapat
Sumut

Barongsai Meliuk Liuk Di Pantai Bebas Parapat

Barongsai Meliuk Liuk Di Pantai Bebas Parapat saat perayaan Gong Xi Fa Cai Imlek 2571 di Parapat, Minggu (26/1). Ramsiana Gultom/Waspada

PARAPAT (Waspada) : Tahun Baru China Imlek 2571 dirayakan di Kota Wisata Parapat. Penampilan Barongsai dari Yayasan Vihara Avaloki Tesvar meliuk liuk di Pantai bebas dan memukau pengunjung yang menikmati liburan Imlek tahun ini.

Selain tampil di Pantai Bebas, barongsai tersebut juga mengelilingi kota Parapat. Tampil di beberapa pusat keramaian mulai dari Pintu Gerbang Kota Parapat, Inna Hotel, dan Sepanjang Jalan Sisingamangaraja Parapat, Minggu (26/1).

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun Anson Napitupulu, SH mengatakan, Perayaan Imlek di Parapat merupakan salah satu even tahunan yang digelar oleh Pemkab Simalungun. Tujuannya, untuk menjalin silaturahmi antar ummat berama di Simalungun.

“Setiap tahun perayaan Imlek kita lakukan di Parapat sebagai bentuk toleransi antar ummat beragama. Bupati Simalungun Bapak JR Saragih nelalui Dinas Pariwisata selalu mengadakan hiburan disetiap perayaan keagamaan baik Natal dan tahun Baru, Hari Raya Idul Fitri dan Imlek,” terang Anson.

Terpisah, Wakil ketua Yayasan Vihara Avaloki Tesvara, Chandra mengatakan, kegiatan Gong Ci Fa Cai setiap tahun diselengarakan di Parapat. Tujuannya salah satu daya tarik kunjungan wisata datang ke Parapat.

” Sengaja perayaan Imlek kita selengarakan disini, tujuan kita pertama menarik wisatawan domestik dan mancanegara datang ke Parapat, serta menjaga toleransi antara umat beragama. Dalam perayaan imlek ini bukan hanya umat Tongkok saja, tapi dari segala suku kita berbaur bersama menyelengarakan serta menyemarakkan acara ini. Mudah -mudahan pada tahun berikutnya tetap bisa berlanjut,” harap Chandra.

Dikatakanya, untuk menghibur acara Gong Xi Fa Cai pihaknya menghadirkan Barongsai dari perguruan Vihara Avaloki Tesuara Pematangsiantar.

” Peserta Barongsai ini kita hadirkan dari perguruan Vihara Avaloki Tesuara Siantar, dan mudah- mudahan kegiatan ini bisa mengali kunjungan wisata datang ke Danau Toba Parapat,” kata Chandra.

Turut dihadir, Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Uliarta Tambunan, Kapolsek Parapat AKP Irsol dan sejumlah pejabat di jajaran Disbudpar Simalungun. (crg)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2