Waspada
Waspada » Banyak Harapan Disampaikan Kepada Asner Bila Kelak Pimpin Pematangsiantar
Sumut

Banyak Harapan Disampaikan Kepada Asner Bila Kelak Pimpin Pematangsiantar

Pertemuan dengan warga secara terus menerus tetap dilakukan Calon Wali Kota Ir. Asner Silalahi, MT (empat kiri), seperti yang dilakukan kepada warga Jl. Jorlang Hataran, Kel. Simarito, Kec. Siantar Barat, Rabu (11/11). Banyak harapan disampaikan kepada Asner bila kelak pimpin Pematangsiantar. Waspada/Ist
Pertemuan dengan warga secara terus menerus tetap dilakukan Calon Wali Kota Ir. Asner Silalahi, MT (empat kiri), seperti yang dilakukan kepada warga Jl. Jorlang Hataran, Kel. Simarito, Kec. Siantar Barat, Rabu (11/11). Banyak harapan disampaikan kepada Asner bila kelak pimpin Pematangsiantar. Waspada/Ist

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Calon Wali Kota Ir. Asner Silalahi, MT secara terus menerus mengadakan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat. Dari kunjungan demi kunjungan, banyak harapan yang disampaikan kepada pria yang pernah menjabat di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, diantaranya bagaimana agar banjir tidak terjadi, jalan rusak diperbaiki, menciptakan UMKM dan lain sebagainya.

Salah satu langkah penting yang dapat dilakukan Asner kelak yakni berkomunikasi dengan pejabat kementerian terkait, hingga anggaran dapat dialokasikan dalam mendukung pembangunan di Pematangsiantar. Asner menyampaikan program yang dirancang mewujudkan harapan itu saat bertemu dengan warga Jl. Jorlang Hataran, Kel. Simarito, Kec. Siantar Barat, Rabu (11/11).

Menurut Asner, tidak sulit merampungkan perbaikan jalan rusak di kota itu, karena anggaran yang digelontorkan selama ini ratusan miliar. Hanya saja, pengawasan dan sasaran anggaran belum tepat. “Kalau persoalan infrastruktur, saya punya pengalaman dan bisa kita kerjakan.”

Soal banjir, menurut Asner, bisa muncul karena beberapa faktor, mulai dari kebersihan yang belum maksimal dan ruas jalan yang tidak sesuai, termasuk kemiringan. “Harus ada jadwal mengorek sampah, baik itu membuang tanah yang ada di parit. Kita juga harus mempelajari kemiringannya. Idealnya, banjir tidak ada di Pematangsiantar, mengingat kota ini berada di dataran tinggi serta banyak sungai.”

Asner menjelaskan, anggaran yang bisa ditarik dari pusat yakni padat karya. Seperti diketahui, pemerintah lewat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional memiliki program itu, yang selama ini cukup jarang dipikirkan dan Asner sendiri mempunyai kenalan di sana.

“Saya sudah berkomunikasi dengan pejabat yang menangani padat karya dan peluang apa yang bisa dilakukan ke kawasan kumuh. Pertama, sanitasi dan air minum. Itu nanti dari dana hibah Direktorat Jenderal Cipta Karya, yang kebetulan pejabat yang bertanggungjawab di sana merupakan sahabat saya. Kami sudah berkomunikasi, apa yang bisa saya kerjakan di Pematangsiantar jika terpilih,” sebut Asner.

Pada saat itu salah satu warga, Boru Siregar menyampaikan bronjong di dekat tempat tinggal mereka sudah rusak. Menurut Asner, longsor dan postur tanah akan dipelajari dan menegaskan, yang pasti itu akan dikerjakan jika terpilih, termasuk yang akan dikerjakan yakni pelatihan dan pembinaan UMKM.(a28/B).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2