Waspada
Waspada » Bantuan Alat Pertanian  Kembali Disalurkan
Sumut

Bantuan Alat Pertanian  Kembali Disalurkan

DELISERDANG (Waspada): Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas (Palas) dan Padang Lawas Utara (Paluta) menerima bantuan alat pertanian yang bersumber dari dana refocusing APBD Tahun 2020 Tahap II yang diserahkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumatera Utara (Sumut), beberapa waktu lalu.
“Kita sudah mendistribusikan sebanyak 1.200 cangkul, 600 garu, 400 parang dan 80 angkong atau kereta sorong ke Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara,” papar Kepala Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas TPH Sumut, Jonni Akim Purba, melalui telepon selulernya, Senin (23/11) malam.
Untuk kabupaten/kota lain, pihaknya mengklaim, sejumlah tim kecil dari Bidang Sarpras telah menuju lokasi untuk mendistribusikan bantuan, sehingga diharapkan bisa selesai pada akhir Nopember 2020.
“Handsprayer yang belum kita distribusikan ke kabupaten/kota karena masih dalam pengiriman,” tukasnya.
Sekadar mengingatkan, dalam dana refocusing APBD Tahun 2020 Tahap II, pihak Bidang Sarpras Dinas TPH Sumut menyalurkan bantuan alat pertanian sebanyak 16 ribu cangkul, 7.000 garu, 6.000 parang, 1.181 kereta sorong, 1.200 unit hand sprayer, 14.286 unit perangkap lalat buah dan 35.788 unit likat kuning ke 32 kabupaten/kota.
Penerima cangkul terbanyak berasal dari Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah mencapai 900 unit serta terkecil di Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunung Sitoli, masing-masing sebanyak 250 unit. Begitu juga untuk garu, Kabupaten Madina mendapatkan bantuan sebanyak 500 unit, serta terkecil diterima Kota Binjai, Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Padangsidimpuan, Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan dengan 100 unit.
Pendistribusian paket bantuan bibit bawang merah dan cabai merah ke kabupaten/kota masih terus dilakukan pihak Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut.
“Tim Bidang Hortikultura sudah mendistribusikan paket bantuan bawang merah dan cabai merah ke Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi, Asahan, Tanjungbalai, Dairi pada hari Senin kemarin (23 Nopember 2020, red) ,” ungkap Kepala Bidang Hortikultura, Bahruddin Siregar, Selasa (24/11) pagi.
Dalam paket bantuan bibit bawang merah kali ini, pihaknya mengalokasikan untuk 20 kabupaten/kota di Sumut dengan total areal seluas 157 hektar (ha). Sementara, paket bantuan bibit cabai merah untuk areal seluas 222 ha di 22 kabupaten/kota.
Secara terpisah, Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Hairil Nasution, menjelaskan, paket bantuan bibit bawang merah yang didistribusikan ke Kabupaten Dairi telah diterima secara langsung oleh Bupati Dr Eddy Keleng Ate Berutu.(a13/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2