Bantu Pemkab Toba Tingkatkan Kualitas Pendidikan, TPL Sumbang Lima Unit KIPIN - Waspada

Bantu Pemkab Toba Tingkatkan Kualitas Pendidikan, TPL Sumbang Lima Unit KIPIN

  • Bagikan

TOBA (Waspada) : Guna mendukung pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana belajar pada era digitalisasi, PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) sumbang lima unit Kios Pintar (KIPIN) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab Toba) melalui Dinas Pendidikan Toba. Penyerahan KIPIN dilaksanakan di Gedung Dinas Pendidikan Toba, Balige, Kabupaten Toba, Kamis (21/10).

Sekretaris Dinas (Sekdis) Richardo Hutajulu, mewakili Bupati Toba mengatakan sangat berterimakasih kepada PT TPL atas diserahkannya bantuan  KIPIN tersebut, sekaligus bukti kerjasama dengan Pemkab Toba dalam memajukan kualitas pendidikan di era digital.

“Ke depan ini kita tidak memerlukan buku lagi. Karena buku pelajaran sudah ada dalam aplikasi KIPIN. Disana (KIPIN) mereka sudah bisa membaca buku pelajaran apa saja. Anak-anak sudah bisa belajar mandiri melalui Android. Kita mengharapkan dengan KIPIN ini anak-anak lebih kreatif dan tidak hanya itu, KIPIN juga ada menu untuk guru dalam mengajar tergantung menu yang dipilih,” ujar Richardo.

Lanjutnya, KIPIN tersebut masih dalam tahap uji coba. Pihaknya masih akan melihat manfaat, keungggulan dan kekurangan KIPIN ini. Jika lebih besar manfaatnya, pastinya akan ditambah lebih banyak lagi.

“Apakah dari anggaran APBD, atau kita usulkan lagi kepada pihak TPL. Kita akan kerjasama nantinya untuk pengadaan KIPIN kepada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Toba,” imbuhnya. 

Dari 5 unit alat KIPIN tersebut, tambah Richardo, akan disalurkan ke SMP Negeri 4 Satu Atap, SMP Negeri 1 Siantar Narumonda, SMP Negeri 1 Laguboti, SMP Negeri 1 Balige, dan SMP Negeri 1 Lumbanjulu.

Manager Community Development PT TPL, Ramida Siringoringo, mengatakan ada sebanyak 5 unit KIPIN untuk 5 sekolah diberikan kepada Pemkab Toba. Hal ini dilakukan untuk mengakses siswa yang di sekolah tersebut sehingga pola baca siswa semakin berkembang dan tidak hanya membaca dari buku tetapi mengakses dengan data online.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan Pemkab Toba. Ke depannya akan bagaimana karena akan dilihat dulu perkembangannya. Kita akan monitoring ke lapangan bagaimana guru-guru menyampaikannya kepada siswa, bagaimana guru-guru mengakses soal-soal yang baru nantinya. Kita lihat dulu perkembangannya,” pungkas Ramida Siringoringo. (a36)

Keterangan foto : TPL serahkan lima unit KIPIN  kepada Pemkab Toba, Kamis (21/10). Waspada/Ist

  • Bagikan