Waspada
Waspada » Banjir Sisakan Keprihatinan Bagi Warga
Headlines Sumut

Banjir Sisakan Keprihatinan Bagi Warga

BUPATI Batubara Ir H Zahir MAP saat meninjau warga terdampak banjir di lokasi pengungsian di Kec Sei Balai. Waspada/Ist
BUPATI Batubara Ir H Zahir MAP saat meninjau warga terdampak banjir di lokasi pengungsian di Kec Sei Balai. Waspada/Ist

BATUBARA (Waspada): Banjir yang menggenangi sejumlah kawasan desa di kecamatan Kab Batubara menyisakan keprihatinan bagi masyarakat yang terdampak banjir, sebab belum kembali ke rumah untuk melakukan aktivitas secara normal seperti biasanya.

Sebagian warga kini masih mengungsi di tenda yang disediakan pemerintah, bahkan ada yang menumpang di rumah tetangga dan keluarga karena kekurangan tenda.

Selain menggenangi tempat tinggal penduduk, juga puluhan haktare areal pertanian kebun dan tanaman palawija warga turut terendam banjir.

“Di desa ini 42 KK mengungsi di empat titik rumah warga akibat banjir. Sedangkan tenda untuk dijadikan posko pengungsi sudah diupayakan diminta, namun ketiadaan stok, sudah habis digunakan di titik banjir yang melanda kawasan kecamatan di Kab Batubara, sehingga  warga diungsikan di rumah yang datarannya tinggi tidak terendam banjir,” tukas Kepala Desa Mekar Baru Bimbang Suhermanto kepada wartawan, Sabtu (12/12)

Desa Mekar Baru salah satu desa di Kec Sei Balai Kab Batubara yang terendam banjir kiriman dari daerah hulu (bagian atas) melalui sungai yang meluap dan jebolnya tanggul akibat tingginya curah hujan beserta desa-desa lainnya di kabupaten tanah bertuah tersebut.

Puluhan warga di Dusun V Desa Mekar Baru mengungsi karena tempat tinggalnya terendam banjir yang hingga kini masih menyisakan genangan air, sehingga belum dapat melakukan aktivitas secara normal sebagaimana biasa dan menerima bantuan sebagai memenuhi kebutuhan sehari- hari.

“Kami sudah tiga hari mengungsi di rumah tetangga ini sejak terjadi banjir, sampai sekarang belum kembali ke rumah karena masih menyisakan genangan air, meskipun ketinggian banjir telah jauh berkurang (surut). Sebelumnya di dalam rumah mencapai 50 cm hingga kini belum bisa beraktivitas secara normal sebagaimana biasa,” sebut seorang warga yang berada di rumah pengungsian di sela-sela menerima bantuan paket Sembako dari DPD IPK Kab Batubara yang diserahkan Ketua Harian Basri Saragih didampingi Sekretaris, Marlin Juni Marbun.

Sebanyak 42 paket Sembako disalurkan DPD IPK bagi warga terdampak banjir di desa pertanian itu, tiap paket berisi 10 kg beras 15 butir telur, 1 kg minyak goreng, mie instan dan gula.

Bantuan sembako tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang tertimpa bencana banjir dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari baik di rumah pengungsian.

Sebelumnya bantuan sembako juga disalurkan OKP tersebut ke posko pengungsian warga terdampak banjir di Desa Perjuangan. Sedikitnya 110 warga mengungsi di tenda yang disediakan pemerintah di pelataran sekolah desa setempat diantaranya terdapat ibu hamil, anak-anak dan lansia.

Kendati banjir telah surut beberapa kawasan desa di Kec Sei Balai masih menyisakan genangan air di kawasan permukiman warga maupun areal sawah/kebun, sekolah dan jalan desa hingga ke kawasan desa tetangga Desa Kwala Sikasim.

Banjir juga melantak tanaman padi / benih padi dan ternak warga di sejumlah desa yakni Desa Padang Genting, Benteng, Sumber Tani, Rawa Dolik Desa Air Hitam Kec Talawi, Datuk Tanah Datar dan Datuk Lima Puluh, sehingga kerugian ekonomi diderita warga mencapai ratusan juta rupiah.

Turun meninjau Bupati Batubara Ir H Zahir, MAP bersama Kapolres AKBP H Ikhwan Lubis telah turun meninjau warga di tempat pengungsian di Desa Kwala Sikasim dan Mekar Baru, Kec Sei Balai sekaligus menanyakan kondisi kesehatan masyarakat dan memberikan bantuan paket sembako.

Menurut Zahir, Pemkab Batubara telah mengajukan ke Provsu untuk pembuatan tanggul di sepanjang alur sungai yang berpotensi luapan air berakibat banjir untuk dapat diperbaiki.

Kepada warga juga diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir. Di samping untuk selalu mematuhi protokol kesehatan supaya terhindar dari penyebaran virus pandemi Covid – 19.(a18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2