Waspada
Waspada » Bangun Tabagsel, 5 KDh Temui Kepala Staf Presiden
Sumut

Bangun Tabagsel, 5 KDh Temui Kepala Staf Presiden

LIMA kepala daerah se Tabagsel bertemu Kepala Staf Presiden, Moeldoko (3 dari kanan), untuk membahas percepatan pembangunan di wilayah Selatan Prov. Sumut itu. (Waspada/Ist)
LIMA kepala daerah se Tabagsel bertemu Kepala Staf Presiden, Moeldoko (3 dari kanan), untuk membahas percepatan pembangunan di wilayah Selatan Prov. Sumut itu. (Waspada/Ist)

P.SIDIMPUAN (Waspada): Lima kepala daerah (KDh) se Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) menemui Kepala Staf Presiden RI Moeldoko di kantornya, Jakarta, Rabu (29/1).

Mereka Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution, Bupati Padanglawas Utara Andar Amin Harahap, Bupati Padanglawas Ali Sutan Harahap, dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar mewakili Bupati Syahrul M. Pasaribu

Bertemu Moeldoko, lima kepala daerah didampingi Ketua dan Sekretaris Forum Percepatan Pembangunan Tabagsel, Herry Lontung Siregar dan Rahmad P. Hasibuan, serta pimpinan OPD masing-masing.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi lewat sambungan telepon dari Jakarta mengatakan, pertemuan dengan Moeldoko ini dalam rangka membahas percepatan pembangunan Tabagsel. Hasilnya akan disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Pada pertemuan itu, setiap KDh menyampaikan usulan pembangunan di daerah masing-masing.  Kemudian Kepala Staf Presiden meminta mereka membuat proposal, dan beberapa hari ke depan diundang kembali bertemu Kementerian terkait.

Pembahasan dalam pertemuan itu antara lain, pembangunan interkoneksi jalan antar lima daerah di wilayah Selatan Provinsi Sumatera Utara tersebut. “Antara lain yang saya mohonkan adalah, agar Kepala Staf Presiden ikut membantu Pemko Padangsidimpuan membebaskan ex HGU PTPN III yang kita pakai sebagai komplek perkantoran pemerintah daerah,” kata Irsan.

Menurut Wali Kota Sidimpuan, berbagai tahapan pembebasan lahan tersebut telah dilakukan bersama PTPN III dan Kemementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Kepala Staf Presiden Moeldoko menyambut baik permohonan itu dan berjanji akan langsung menjembatani Pemko Padangsidimpuan dengan Menteri Badan Usaha Milkm Negara (BUMN) Erick Tohir.

Setelah menanggapi satu per satu usulan lima KDh dan Forum Percepatan Pembangunan Tabagsel, Moeldoko berharap dalam waktu dekat bisa kembali melaksanakan pertemuan lanjutan. Untuk finalisasi usulan pembangunan yang akan disampaikan kepada Presiden. (a27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2