Waspada
Waspada » Asner Ajak Keluarga Menanam Padi
Sumut

Asner Ajak Keluarga Menanam Padi

Calon Wali Kota Ir. Asner Silalahi, MT (dua kanan) bersama isteri Juliati Sihombing ikut menanam padi ketika menyapa warga Matio, Kel. Nagahuta Timur, Kec. Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar, Selasa (17/11). Waspada/Ist
Calon Wali Kota Ir. Asner Silalahi, MT (dua kanan) bersama isteri Juliati Sihombing ikut menanam padi ketika menyapa warga Matio, Kel. Nagahuta Timur, Kec. Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar, Selasa (17/11). Waspada/Ist

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Warga di Matio, Kel. Nagahuta Timur, Kec. Siantar Marimbun, Selasa (17/11) tidak menyangka Calon Wali Kota Pematangsiantar Ir. Asner Silalahi, MT datang dan menyapa warga. Bahkan, saat melintas di areal persawahan, Asner bersama istri dan anak-anaknya berhenti dan turun langsung ke sawah serta bersama-sama menanam padi.

Kehadiran Asner bersama keluarganya, membuat haru para petani yang sedang menanam padi. Mereka tidak menyangka kalau Asner dan Istrinya mau turun ke sawah dan langsung meminta sebagian bibit padi untuk ditanam.

Sebelumnya, Asner bersama keluarganya berjalan kaki dari Jl. Bah Kora seraya menyapa warga. Saat melintas di kawasan pertanian Matio, Asner melihat adanya aktivitas petani yang sedang bercocok tanam.

Kemudian, Asner mengajak istri dan anak-anaknya untuk turun ke sawah yang berjarak sekitar 70 meter dari jalan umum. Asner kemudian menyapa petani dan mengatakan dia dan keluarga ingin turut serta menanam padi.

Atas permintaan itu, petani yang sedang menanam padi itu mempersilahkan Asner masuk ke dalam sawah dan menyerahkan padi untuk ditanam. Asner beserta istri Juliati Sihombing selanjutnya menanam bibit padi ke sawah bersama-sama dengan petani.

Pemandangan itu mengundang perhatian warga dan mereka mengaku sangat senang kalau Calon Wali Kota mau langsung turun menemui warga.  Menurut Asner, para petani padi merupakan pahlawan ketahanan pangan bagi Indonesia. “Kalau tidak ada petani, kita makan apa? Jadi, patut kita hormati para petani kita.”

Asner berharap padi yang ditanam petani berbuah banyak dan menghasilkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terkhusus untuk ketahanan pangan.

Setelah menanam padi, Asner bersama keluarga pamit kepada petani untuk melanjutkan  menyapa warga lainnya.

Irigasi Dan Kelangkaan Pupuk Menjadi Perhatian

Asner juga melakukan pertemuan dengan warga di bawah tenda di depan halaman rumah warga di Matio. Di sana, sekitar 30 warga berkumpul untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan kepada Asner.

Warga berharap kepada Asner ketika nantinya duduk sebagai Wali Kota agar memperhatikan masyarakat Matio yang umumnya berprofesi sebagai petani. Seperti perbaikan irigasi dan ketersediaan pupuk bersubsidi agar nantinya dapat diperhatikan Asner.

Seperti diketahui, kawasan lahan persawahan di Kec. Siantar Marimbun lebih 200 hektar, hingga ketersediaan pupuk dan sarana irigasi sangat penting untuk kelangsungan pertanian.

Setelah mendengar keluhan masyarakat, Asner menegaskan, perhatian untuk masyarakat petani sudah merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah. “Kebetulan, saya dulunya bekerja di Kementerian PUPR yang menangani pembangunan jalan, jembatan, irigasi dan lain-lain, pengalaman serta ilmu yang saya dapat selama ini akan saya terapkan di Pematangsiantar. Begitu juga dengan masalah ketersediaan pupuk bersubsidi, dinas terkait seperti Dinas Pertanian nantinya harus benar-benar melakukan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi dan pendataan yang valid terkait kebutuhan masyarakat.”

“Jadi, saya dengan dr. Susanti telah menyiapkan program jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang bertujuan agar Pematangsiantar bangkit dan maju, mulai dari sektor kesehatan, kesejahteraan masyarakat dan kualitas pembangunan serta pelayanan pemerintah,” sebut Asner.

Menurut Asner, dia sengaja menanam padi bersama petani, karena sangat senang dekat dengan warga dan nantinya akan terus turun ke lapangan untuk memantau bagaimana kondisi infrastruktur dan hasil pertanian.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Asner mengajak warga untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang.(a28/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2