Waspada
Waspada » Ashari Tambunan : Alqur’an Tidak Habis Untuk Digali Dan Dikaji
Sumut

Ashari Tambunan : Alqur’an Tidak Habis Untuk Digali Dan Dikaji

 

BATANGKUIS (Waspada) : Alqur’an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji karena Alqur’an adalah pedoman dan pandangan hidup perlu untuk terus dikembangkan bagi proses pendidikan baik formal maupun informal.

Atas dasar itulah MTQ digelar rutin setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus pengamalan isi kandungan yang tersirat maupun tersurat dalam kitab suci Alqur’an.

Hal itu disampaikan Bupati pada pembukaan MTQ ke 54 Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2021 di Pesantren Mawaridussalam Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batangkuis, Senin (22/2).

Bupati menekankan, kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alqur’an semata, akan tetapi lebih dari itu harus dapat dijadikan sebagai momentum syiar dan dakwah untuk membumikan Alqur’an sekaligus memberi pemahaman yang mendalam kepada masyarakat khususnya ummat islam untuk lebih memahami isi kandungan Alqur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada bagian lainnya, Bupati juga mengatakan bahwa saat ini bangsa dan negara termasuk Kabupaten Deliserdang tengah dilanda pandemi Covid-19.

Hal ini harus disikapi secara arif dan bijaksana sehingga tidak menjadi penghalau serta mengurangi makna penyelenggaraan MTQ ke 54.

“Untuk itu saya berpesan khususnya kepada panitia dan peserta untuk tetap menjaga serta menerapkan protokol kesehatan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukses.

“Saya juga berharap melalui kegiatan yang berlangsung mulai 22-26 Februari 2021 ini untuk bersama-sama mendo’akan agar pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung di seluruh wilayah tanah air bahkan dunia termasuk Deliserdang kiranya segera berakhir dan kita semua kembali hidup secara normal dan bahagia,” ucapnya  seraya berharap seluruh kafilah yang ikut bertanding dapat menampilkan yang terbaik.

Ketua DPRD Deliserdang Zakky Syahri dalam sambutannya mengatakan bahwa Alqur’an sebagai kitab suci ummat islam yang diwahyukan melalui Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang rahmatan lil alamin karena kitab suci Alqur’an adalah pedoman dan pegangan hidup ummat Islam untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.

Sebelumnya, Ketua panitia MTQ ke 54 Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2021 yang juga Kabag Kesra Setdakab Deliserdang Mukti Ali Harahap dalam laporannya menjelaskan kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Deliserdang ini dimulai pada tanggal 22-26 Februari 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 680 orang.

Sedangkan Cabang yang dilombakan terdiri dari Qiraat Sab’ah remaka dan Cacat netra, Tahfiz, Fahmil Qur’an, Makalah Ilmiah Alqur’an, Khattil Qur’an, Syarhil qur’an, Hifzil Qur’an 1, 5, 10, 20 dan 30 Juz, Tafsir Qur’an Bahasa Arab, Indonesia, Inggris dan Hadist.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan antara lain untuk mengembangkan kemampuan seni baca Alqur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ilmu tajwid.

Mampu memahami makna dan kandungan yang terdapat dalam Alqur’an digunakan sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan serta membentuk sikap dan prilaku akhlaqul karimah yang sesuai dengan tuntunan Alqur’an dan sunnah Rasulullah SAW sekaligus menjadikan wadah silaturahmi dan kebersamaan menuju kehidupan yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein, Ketua TP PKK Deliserdang Hj Yunita Br Siregar, Wakil Ketua Hj. Sri Pepeni Yusuf, Ketua DWP Herawati Darwin, Ketua MUI H.Arifin Marpaung, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Ketua LPTQ Dr. H. Sugeng Wanto, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, para Asisten, Pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Deliserdang.

Pada pembukaan itu, Bupati juga menyerahkan Tropy Juara Umum MTQ ke 53 Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2020 dari Camat Hamparan Perak Eko Sapriadi kepada panitia untuk diperebutkan kembali pada MTQ ke 54 Tingkat Kabupaten Deliserdang Tahun 2021. (a14/a01/B)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2