Asesmen Pejabat Eselon III, Unsur Kedekatan Tidak Mempengaruhi Pengisian Jabatan - Waspada

Asesmen Pejabat Eselon III, Unsur Kedekatan Tidak Mempengaruhi Pengisian Jabatan

  • Bagikan

DOLOKSANGGUL (Waspada): Kedekatan hubungan emosional seseorang tidak akan mempengaruhi pengisian jabatan di lingkungan Pemkab. Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Demikian ditegaskan bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor dalam pembukaan asesmen pengisian pejabat admisnistrator setara selon III, bertempat di Aula Hutamas, Doloksanggul, kemarin.

Dikatakan, asesmen untuk pengisian jabatan administrator pertama dilaksanakan di lingkungan Pemkab Humbahas. Namun demikian, asesmen ini akan terus berkelanjutan dan berkesinambungan, untuk itu pejabat administrator agar tetap senantiasa berusaha meningkatkan kompetensinya.

“Pada asesmen ini, masa depanmu atau jabatanmu tergantung pada dirimu sendiri. Kalau ASN yang benar berkompeten akan menduduki jabatan sesuai dengan kompetensinya. Penilaian ini juga kita serahkan kepada yang berkompeten untuk melaksanakannya, yaitu tim asesor dari Kantor Regional VI BKN,” kata Dosmar.

Dia menambahkan bahwa kedekatan dengan seseorang baik itu kedekatan emosional, marga, satu arisan dan lainnya tidak mempengaruhi lagi dalam mengisi jabatan, tetapi yang terutama adalah hasil asesmen. “Bukan gara-gara kita satu marga, satu gereja, sering ketemu, satu arisan akan mempengaruhi pengisian jabatan. Sudah kuno itu, tidak ada lagi sistem seperti itu sekarang,” ujarnya.

Pada era digitalisasi saat ini, kata Dosmar, sudah menjadi syarat mutlak untuk calon pejabat administrator untuk paham Information Technology (IT) dan sarjana yang benar-benar belajar di universitas. Selain itu, pejabat administrator harus mampu kerja tim, mampu mengatur anak buah dan mampu bekerja dengan pimpinannya. Tim ini merupakan tim yang aktif dan taat pada peraturan dan mampu bekerja dengan bidang masing-masing.

“Asesmen ini dilaksanakan agar Humbahas lebih baik. Hanya dengan orang-orang yang benar dan berkompetenlah Humbahas akan menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Kepala Kantor Regional VI Medan, Aidu Tauhid menyampaikan bahwa BKN berkomitmen membangun bangsa ini diawali dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, asesmen ini agar diikuti dengan serius, apa adanya tidak perlu dengan apa yang ada karena sudah terjadwal.

Saat ini kita membutuhkan orang yang berkompeten dibidangnya, berkompeten sesuai dengan profesinya. Selain itu, kita juga butuh orang dengan Emotional Quotient (EQ), orang yang bisa bekerja sama. Selain itu, kita juga butuh orang dengan Spritual Quotient yang bisa memanage sesuatu dari orang lain.

Plt. BKD Humbahas John Harry Marbun menyampaikan bahwa asesmen untuk mengevaluasi dan menjaring ASN calon pejabat administrator yang memiliki kompetensi.

Peserta yang mengikuti ujian kompetensi dalam asesmen, sebanyak 258 orang dengan perincian pejabat administrator yang sedang duduk, 94 orang, pejabat pengawas 142 orang dan pejabat pelaksana/ fungsional 22 orang. (cas)

Ket. Foto
BUPATI Humbahas, Dosmar Banjarnahor menyampaikan penegasan dalam pembukaan asesmen pengisian pejabat admisnitrator. Waspada/Ist

  • Bagikan