Waspada
Waspada » Asahan Siap PTM
Pendidikan Sumut

Asahan Siap PTM

Salah satu kegiatan siswa SD di Kab Asahan sedang melakukan proses belajar dan mengajar menggunakan sistem Daring. Asahan Siap PTM. Waspada/Ist
Salah satu kegiatan siswa SD di Kab Asahan sedang melakukan proses belajar dan mengajar menggunakan sistem Daring. Asahan Siap PTM. Waspada/Ist

KISARAN (Waspada): Menanggapi hasil Fokus Grup Diskusi (FGD), Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, bahwa Sumut akan jadi percontohan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara nasional di masa pandemi Covid-19, Pemkab Asahan secara umum telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

Kadis Kominfo Kab Asahan Rahmat Hidayat Siregar, saat dihubungi Waspada.id, Kamis (8/4), menjelaskan untuk Kab Asahan kini menduduki zona orange, sehingga dalam penerapan PTM untuk sekolah, pihaknya mengacu dengan pemerintah di atas (Pemprov Sumut) dan menunggu instruksi selanjutnya.

Bila PTM boleh dilakukan, tentunya kita menyiapkan sarana dan prasarananya. Selain itu, Pemkab Asahan juga saat ini sedang melakukan vaksinasi kepada para guru-guru sekolah yang ada di Asahan yang masuk dalam kuota pelayanan publik.

“Secara umum Asahan siap untuk melakukan PTM di sekolah,” jelas Hidayat.

Hidayat juga menjelaskan, bahwa PTM ini sebaiknya dilakukan, karena para orang tua mempunyai kesibukan tersendiri dalam memenuhi kebutuhan dan ekonomi keluarga, sehingga tidak semua orang tua dengan SDM yang berbeda-beda bisa membimbing anak belajar di rumah.

“Kita siap melakukan PTM, dan kini kita menunggu instruksi selanjutnya,” jelas Hidayat.

Sedangkan Sekretaris Pendidikan Asahan Pardamean Sitorus, menuturkan pada awalnya pihaknya telah melakukan sosialisasi, pendataan, dan evaluasi kesiapan sekolah untuk mendukung PTM pada awal semester genap pada awal tahun 2021 lalu, dengan sistem mengutamakan Prokes, seperti jumlah siswa satu kelas dibagi dalam dua sesi.

“Namun PTM itu ditunda oleh Pemprov Sumut, karena tidak memberikan izin karena tingginya grafik penderita Covid-19,” jelas Pardamean.

Oleh sebab itu, kata Pardamean, untuk di Kab Asahan siap melakukan PTM yang rencananya akan dimulai pada tahun ajaran baru 2021-2022 pada Juli, karena persiapan sudah dilakukan, namun demikian pihaknya akan tetap melakukan monitoring secara berkala terhadap kesiapan sekolah.

“Dari sarana dan prasarana kita sudah siap, namun kita masih menunggu petunjuk pemerintah dalam pemberlakukan PTM di sekolah,” jelas Pardamean. (a19/a20)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2