Anggota DPRD Sumut H Santoso SH, MH Minta Pemprovsu Sediakan Armada Gratis Bagi Warga Asahan

  • Bagikan
ANGGOTA DPRD Sumut H Santoso SH, MH. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Sumut H Santoso SH, MH (foto) meminta Pemprovsu dan Pemkab Asahan menyediakan armada mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Kita berharap jangan hanya daerah lain yang disediakan angkutan mudik gratis, tetapi juga untuk warga Asahan yang juga memanfaatkan momen Idul Fitri untuk pulang kampung,” kata Santoso kepada Waspada, Rabu (27/4).

Anggota dewan dari Fraksi Demokrat Dapil IV meliputi Asahan, Batubara dan Tanjungbalai ini merespon minimnya angkutan mudik gratis menjelang Idul Fitri 1443 H di tiga kabupaten/kota itu, termasuk Asahan.

“Padahal animo masyarakat cukup tinggi untuk bersilaturahmi setelah hampir dua tahun tidak diizinkan karena pandemi Covid-19,” ujar anggota Komisi A DPRD Sumut ini.

Karenanya, Pemprovsu melalui Dinas Perhubungan Sumut dan Pemkab Asahan mengantisipasi lonjakan puncak arus mudik yang terjadi pada H-2 atau 30 April 2022, dan puncak arus balik diprediksi H+5 atau 8 Mei 2022.

“Artinya, mengantisipasi lonjakan itu perlu dilakukan dengan penyediaan moda transportasi darat yang memadai bagi masyarakat ekonomi rendah, khususnya yang terdampak Covid-19, yang kesulitan secara finansial namun ingin bersilaturahmi dengan saudaranya di kampung halaman mereka,” ujar Santoso.

Santoso juga menyoal daerah lain yang mendapat bantuan armada mudik, baik yang disediakan Pemprovsu, kabupaten dan pihak swasta.

“Hendaknya ada keadilan dan pemerataan pemenuhan armada mudik, agar masyarakat di Asahan ikut merasakan bersilaturahmi dengan keluarga mereka,” sebut Ssntoso.

Santoso juga mendorong pihak swasta, korporasi dan perorangan untuk memberi perhatian ikut membantu warga Asahan dengan  menyediakan sarana transportasi secara gratis.

Santoso juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan bila terjadi kemacetan panjang hendaknya menggunakan jalur alternatif. 

“Bagi masyarakat yang melakukan mudik untuk tetap menjaga Prokes, meskipun kondisi sudah terkendali namun tetap harus waspada karena mobilitas masyarakat secara bersamaan melakukan mudik lebaran,” harapnya.(cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *