Waspada
Waspada » Anggota DPR RI Tinjau Progres Pembangunan Jalur KA Dan Stasiun Baru Lubukpakam
Sumut

Anggota DPR RI Tinjau Progres Pembangunan Jalur KA Dan Stasiun Baru Lubukpakam

Direktur Keselamatan Dirjen Perkeretaapian menjelaskan teknis pekerjaan kepada Anggota DPR RI, didampingi Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara. (Waspada/Edward Limbong).

 

DELISERDANG (Waspada): Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu SH meninjau secara langsung progres pembangunan peningkatan jalur Kereta Api (KA) dan pembangunan stasiun baru Lubukpakam, di Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/4).

Peninjauan itu dengan turut dihadiri Direktur Keselamatan Dirjen Perkeretaapian Dedy Cahyadi dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, Dandum Prakosa, serta beberapa pejabat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumut.

Bob Andika kepada wartawan mengatakan, kehadirannya di Kabupaten Deliserdang untuk memastikan pembangunan peningkatan jalan atau jalur KA antara Araskabu-Siantar dan pembangunan stasiun baru Lubukpakam.

” Kita hadir untuk melihat perkembangan pembangunan yang sudah dianggarkan oleh Kementerian Perhubungan mengenai beberapa jalur jalur peningkatan Kereta Api yang sudah dianggarkan secara multiyears contract (proses kontrak tahun jamak) dari tahun 2017 sampai 2021,” katanya.

Menurut Bob Andika, KA adalah sarana transportasi yang dipakai masyarakat ekonomi menengah.

Oleh sebab itu dirinya pun berkomitmen penuh untuk tetap memperjuangkan pembangunan transportasi melalui KA dan setelah ada selesai pembangunan Bob Andika mengharapkan masyarakat juga berperan aktif untuk sama-sama merawat fasilitas umum tersebut.

“Jadi untuk tahun 2022 sekarang kita coba membahas peningkatan jalur Kereta Api dari Kisaran ke Rantauprapat. Kenapa ? karena supaya jarak tempuh itu lebih singkat. Begitu juga Medan-Belawan, supaya hidup kembali jalur Kereta Api Medan-Belawan,” sebutnya.

Bob Andika yang duduk di Komisi V dengan lingkup tugas di bidang infrastruktur dan perhubungan ini, juga mengakui telah mendorong pembangunan under pass atau fly over Medan-Binjai kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dapat segera dibangun, karena untuk mengurai kemacetan di kawasan regional Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang).

“Jembatan Layang fly Over Medan-Binjai, ini sudah masuk tahap perencanaan yang akan kita anggarkan di tahun 2022. Ya, target kita daerah Mebidang ini jalur transportasinya terhubung dengan bagus,” ujarnya.

Dorongan untuk pembangunan di Sumut dilakukan Bob Andika mengakui sebagai bentuk menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat agar Sumut lebih baik kedepannya.

“Sumut ini perlu pembangunan. Jadi saya sebagai anggota DPR RI mewakili Sumut ini saya juga harus memperjuangkan bagaimana Sumut mendapat pembagian anggaran.”

“Paling tidak apa prioritas yang mau dibangun oleh pihak Kereta Api yang diperlukan masyarakat Sumatera Utara bisa kita perjuangkan,” tegas Bob Andika.

Sementara itu sebelumnya, Direktur Keselamatan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Dedy Cahyadi menyampaikan aspirasinya atas kehadiran Anggota DPR RI dia pun berharap dukungan, masukkan dan arahan agar pembangunan dapat selesaikan tepat waktu dan baik.

“Apa yang kita bangun, (mari) kita jaga agar bermanfaat bagi masyarakat, juga memberikan efek ekonomi, efek kesejahteraan dan efek keselamatan,” sebut Dedy.

Sedangkan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, Dandum Prakosa, menyampaikan bahwa pembangunan peningkatan jalan KA Araskabu-Siantar merupakan program padat karya yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara (BTP Sumbagut). (a16).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2