Akibat Bakar Sampah, Bekas Gudang Sawit Nyaris Ludes Terbakar - Waspada

Akibat Bakar Sampah, Bekas Gudang Sawit Nyaris Ludes Terbakar

  • Bagikan

TEBINGTINGGI (Waspada): Diduga akibat bakar Sampah, sebuah bangunan bekas gudang sawit di Jalan AMD, Kel Pabatu, Kec Padang Hulu, Kota Tebingtinggi nyaris ludes terbakar, Rabu(24/11).

Menurut keterangan penjaga bangunan, Syahril, 60, kejadian bermula ketika dirinya baru saja selesai membakar sampah di sekitar areal belakang gudang. Namun secara tiba-tiba dari bagian belakang bangunan terlihat ada api sudah berkobar.

” Sekitar pukul 16:00 saya membersihkan halaman bangunan, saya sapu kemudian sampahnya saya bakar. Setelah selesai membakar sampah kemudian saya duduk di depan gudang, tidak lama saya duduk saya terkejut karena dari jauh saya lihat ada api dibagian belakang bangunan”, ungkap Syahril.

Lanjut Syahril, melihat kobaran api yang semakin membesar, dirinya kemudian berlalri keluar dari bangunan untuk meminta pertolongan dari warga sekitar lokasi.

Mendengar adanya teriakan, warga sekitar lokasi langsung berhamburan keluar dari rumah dan langsung mencoba memadamkan api dengan alat seadanya selagi menunggu petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang telah dihubungi, katanya.

Pantauan Waspada, Kurang lebih 20 menit setelah dihubungi, akhirnya lima unit mobil Damkar Kota Tebingtinggi dilengkapi dengan 16 orang personil tiba dilokasi kebakaran.

Setelah berjibaku dengan kobaran api kurang lebih satu jam akhirnya petugas berhasil memadamkan api yang sudah membesar tersebut. Meskipun hanya tiga puluh persen fisik bangunan yang berhasil diselamatkan.

Dilokasi, Kabid Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi, Hersan kepada wartawan mengatakan, dugaan sementara api berasal dari sampah yang dibakar oleh penjaga bangunan bekas gudang sawit tersebut.

” Api yang membakar bangunan bekas gudang sawit ini diduga berasal dari api yang dihidupkan oleh penjaga untuk membakar sampah. Namun itu hanya dugaan kita sementara, untuk lebih lanjut biar petugas kepolisian yang menyelidiki”, kata Hersan.

Ketika dikonfirmasi Waspada terkait siapa pemilik bangunan bekas gudang sawit, Hersan mengatakan bahwa pemilik bangunan ini adalah warga Kota Medan.

” Menurut keterangan warga sekitar, gudang sawit ini sudah tutup kurang lebih 5 bulan, entah apa penyebabnya kita tidak tahu, namun berdasarkan informasi yang punya bangunan bekas gudang sawit ini adalah warga Medan”, jelas Hersan.

Akibat kejadian ini total kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Sementara itu penjaga bangunan sudah dibawa ke Mapolres Tebingtinggi untuk dimintai keterangan lebih lanjut.(a37)

Waspada/Kristian Brahmana
Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi saat berusaha memadamkan api di bangunan bekas gudang sawit di Jalan AMD, Kota Tebingtinggi

  • Bagikan
Search and Recover