Waspada
Waspada » Ahli Waris Korban Meninggal Covid-19 Di Deliserdang Baru 6 Orang Ajukan Syarat Santunan Rp 15 Juta
Sumut

Ahli Waris Korban Meninggal Covid-19 Di Deliserdang Baru 6 Orang Ajukan Syarat Santunan Rp 15 Juta

DELISERDANG (Waspada): Pemkab Deliserdang melalui Dinas Sosial (Dinsos) saat ini sedang menerima pendaftaran berkas syarat santunan yang akan diberikan sebesar Rp 15 juta per orang kepada ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Dari data berkas yang sudah masuk untuk mengajukan santun Rp 15 juta tersebut baru sebanyak 6 orang ahli waris dari berkisar 76 orang.

Hal tersebut diakui Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Deliserdang Hendra Wijaya, kepada wartawan, Kamis (1/10) di Kantor Bupati Deliserdang. Dikatakan Hendra santunan tersebut akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Sedangkan yang berhak mendapatkan santunan tersebut merupakan kepada ahli waris yang meninggal dunia terkonfirmasi Covid-19 dengan dinyatakan ada surat hasil swab.

“(Jadi) dikuburkan dengan protokol Covid-19 itu belum tentu Covid-19. Yang membuktikan hasil Covid-19 itu dari lab (laboratorium). Karena di syaratnya itu ada hasil laboratorium tempat dia dirawat terakhir,” jelas Hendra.

Sedangkan ketika ditanya kapan dana tersebut diberikan kepada ahli waris, Hendra belum dapat memastikan. “Kami tidak tahu, kami hanya menyampaikan rekomendasi. (Nanti) rekomendasi dari kami, disampaikan ke Dinas Sosial Provinsi setelah itu disampaikan ke Kementerian Sosial,” akunya.

Santunan itu pun, kata Hendra langsung diberikan ke tabungan ahli waris. “Makanya salah satu syaratnya (juga) mencantumkan buku rekening ahli waris,” katanya.

Dijelaskan Hendra, uang senilai Rp 15 juta agar informasinya sampai kepada ahli waris, maka pihaknya sudah memberikan informasi kepada Camat untuk menyampaikan kepada Kepala Desa.

“Itu sudah kita sampaikan kepada camat-camat untuk menyampaikan kepada Kades dan Lurah. Selanjutnya, koordinasi dengan Puskesmas karenakan itu sudah didata jangan nanti menyampaikan kepada orang teryata hanya protokol kesehatannya aja yang menerapkan protokol Covid-19. (Tapi) hasil swabnya tidak Covid-19,” jelasnya.

Hendra pun juga mengakui saat ini, mereka masih menerima berkas sebanyak 6 orang ahli waris dari jumlah yang dia tahu sebanyak 76 orang meninggal dunia terkonfirmasi Covid-19.

“Kalau informasi yang saya dengar dari Dinkes ada sekitar 76 orang, cuma yang sudah daftar ke kami baru ada 6 orang ahli waris,” ujarnya.

Sementara itu syarat-syarat pengajuan santunan meninggal dunia akibat Covid-19 Hendra menyampaikan yakni.

1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) ahli waris dan korban.
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) ahli waris dan korban.
3. Fotokopi surat keterangan meninggal dunia.
4. Fotokopi surat keterangan hasil pemeriksaan dari Dinkes. Kabupaten, Puskesmas, Lab, atau klinik yang menyatakan positif Covid-19/rekam medis.
5. Berkas asli surat keterangan domisili bagi yang bukan asli tempat tersebut.
6. Berkas asli surat pengantar rekomendasi dari Dinsos Kabupaten ke Dinsos Provinsi Sumatera Utara.
7. Berkas berwarna photo korban meninggal.
8. Fotokopi buku tabungan rekening  ahli waris (harus jelas).
9. Berkas asli surat keterangan ahli waris (tanda tangan bermaterai). (a16/a01).

Teks Foto: Kepala Dinas Sosial Deliserdang Hendra Wijaya saat berbincang dengan Kepala Biro Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar. (Waspada/Edward Limbong).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2