749 Personel Gabungan Perketat Penyekatan Mudik Di Deliserdang - Waspada

749 Personel Gabungan Perketat Penyekatan Mudik Di Deliserdang

  • Bagikan

 

DELISERDANG (Waspada): Sebanyak kurang lebih 749 personel gabungan dari unsur TNI, Polri dan instansi terkait akan dikerahkan memperketat penyekatan mudik dan pengamanan menjelang akhir bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri di wilayah hukum Polresta Deliserdang. Para personel ini akan disiapkan di titik-titik penyekatan dan posko pengamanan selama Operasi Ketupat 2021, yang digelar mulai 6-17 Mei 2021.

Operasi Ketupat Toba 2021 itu dengan melibatkatkan 423 Personel Polresta Deliserdang bersama jajarannya ditambah 326 Personel terdiri dari TNI, CPM, Jibom, Brimob, Avsec KNIA dan Pemkab Deliserdang yakni Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Kebakaran serta Pramuka.

“Untuk personel (Polresta Deliserdang) yang kita libatkan kurang lebih sebanyak 423 orang. Selanjutnya kita didukung oleh TNI, didukung Pemkab Deliserdang dan lainnya (326 personel). Totalnya secara keseluruhan yang kita rencanakan kemarin sebanyak 749 orang,” kata Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, kepada wartawan Rabu (5/5). Usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 dipimpin Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar di Mapolresta Deliserdang di Mapolresta Deliserdang.

Kegiatan tersebut dengan turut dihadiri Waka Polresta Deliserdang AKBP Julianto P. Sirait, SH, SIK, Danbrigif 7/RR Kolonel Inf. M Faisal Nasution SIP, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Nusantara Tarigan, Kadis Kominfo Hj. Miska Gewasari, Kadis Damkar dan Penyelamatan Kurnia Boloni Sinaga serta PJU Polresta Deliserdang.

Yemi menjelaskan, pihaknya juga telah mendirikan pos penyekatan mudik, berada di Jalinsum Desa Sukamandi Hilir Kecamatan Pagarmerbau yang merupakan perbatasan Deliserdang dengan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Desa Titi Besi Kecamatan Galang juga perbatasan dengan Kabupaten Sergai.

Selanjutnya pos penyekatan di Desa Timbang Deli Kecamatan Galang dan Desa Gunungmeriah Pekan Kecamatan Gunungmeriah yang merupakan perbatasan dari Kabupaten Simalungun dan lokasi penyeberangan rakit di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin perbatasan dengan Kabupaten Sergai.

“Operasi ketupat ini tentunya kita melakukan beberapa cara bertindak yaitu dengan melakukan penyekatan dibebarapa titik terutama di daerah berbatasan tetangga seperti Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Simalungun itu kita dirikan posko penyekatan,” jelas Yemi.

Selain itu, Yemi mengungkapkan, bahwa pihaknya juga mendirikan pos pengamanan yaitu di Terminal Bandara Internasional Kualanamu dan di Tanjungmorawa. “Kemudian ada posko pengamanan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas terutama di Tanjung Morawa dan di wilayah Bandara Kualanamu,” ungkapnya.

Yemi pun menyebutkan, khusus pelaksanaan malam Takbiran, Polresta Deliserdang akan melaksanakan Patroli skala besar sebagai upaya untuk menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum (Wilkum) Polresta Deliserdang serta penanganan Covid-19.

Sementara itu Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar mengharapkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Deliserdang disiplin dalam menjalankan 3M, yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga jarak. “Jadi kami mengharapkan kepada warga masyarakat untuk mengantisipasi meloncaknya Covid-19 ini, mari sama-sama kita ikuti aturan dan sekaligus kita lakukan kegiatan kegiatan yang diperintahkan oleh Pemerintah untuk melakukan 3 M,” imbau Yusuf. (a16).

Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi dan lainnya saat memeriksa kesiapan personel dalam Operasi Ketupat 2021. Waspada/Edward Limbong

  • Bagikan