Waspada
Waspada » 447 TKI Di Malaysia Tunggu Pengampunan Untuk Dipulangkan
Sumut

447 TKI Di Malaysia Tunggu Pengampunan Untuk Dipulangkan

Kepala Dinas Perhubungan Kab Batubara Jonnis Marpaung. 447 TKI di Malaysia tunggu pengampunan untuk dipulangkan. Waspada/Ist
Kepala Dinas Perhubungan Kab Batubara Jonnis Marpaung. 447 TKI di Malaysia tunggu pengampunan untuk dipulangkan. Waspada/Ist

LIMAPULUH (Waspada): Penjemputan 447 TKI asal Kabupaten Batubara yang saat ini terlantar dan tidak bekerja di negara jiran Malaysia sebagai dampak Pandemi  COVID-19, tinggal menunggu waktu pengampunan dari Kerajaan Malaysia untuk dipulangkan.

“Ini hasil lobby dan pembicaraan kami dengan koordinator pengampunan WNI/PMI yang berada di Malaysia, Lukman. TKI asal Batubara baru dapat dipulangkan dan dijemput oleh Pemkab Batubara, setelah adanya pengampunan dari Kerajaan (Pemerintah) Malaysia,” tukas Kepala Dinas Perhubungan Kab Batubara Jonnis Marpaung (foto) melalui telepon kepada Waspada.id, Selasa (10/11).

Jonnis mengatakan bahwa limit waktu tidak diberikan sampai kapan pengampunan tersebut dikeluarkan atau diberikan Kerajaan Malaysia.

Dia hanya meminta Pemkab serta warga Batubara untuk sabar menunggu karena masih dalam proses, sehingga bisa dilakukan penjemputan sebagaimana permintaan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP yang mempunyai perhatian besar terhadap warganya yang berada di negara jiran terdampak Covid 19.

Penjemputan TKI tersebut, lanjut Jonnis, bukan merupakan program pemulangan dari Kerajaan Malaysia, namun proses pengampunan sebab memasuki dan tinggal di negara jiran tidak sesuai prosedur atau illegal.

“Di sini kita sudah berusaha, TKI asal Batubara itu secepatnya untuk diberikan pengampunan agar segera dijemput,’ ujarnya dan meminta warga Batubara untuk berdoa bersama agar proses pengampunan yang ditunggu segera keluar.

Pemkab Batubara telah mengalokasikan anggaran melalui APBD untuk transportasi penjemputan TKI di Malaysia hingga proses karantina protokol kesehatan COVID-19 setelah tiba di tanah air.(a18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2