Waspada
Waspada » 43 Kasus Covid-19 Terjadi Di Batubara
Sumut

43 Kasus Covid-19 Terjadi Di Batubara

TANJUNGTIRAM (Waspada):  Sebanyak 43 kasus terkonfirmasi Covid -19 di Kab Batubara 41 pasien dinyatakan sembuh dan 2 lainnya masih menjalani isolasi mandiri,  seorang diantaranya asisten rumah tangga.

“Ini data kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kab Batubara,” sebut Kepala Dinas Kesehatan yang juga juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab Batubara melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi dalam sosialisasi adaptasi kebiasaan baru yang di gelar Devisi Gemkara Kec Tanjungtiram di aula kantor Desa Guntung, Rabu (12/8).
Dari pasien positif covid tersebut Satgas telah melakukan pelacakan terhadap keluarga dan teman dekat korban, namun tidak sampai terpapar dan dinyatakan positif.
Untuk itu diingatkan masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dalam upaya mengantisipasi virus yang sangat membahayakan tersebut.
Sebab virus dapat tertular melalui manusia percikan ludah dan penemuan baru disebutkan juga melalui udara yang dapat bertahan selama 7 jam.
Apa lagi pasien terbanyak status OTG ( Orang Tanpa Gejalah), 80 persen terjadi di Kec Medang Deras dan Seisuka tidak saja menimpa masyarakat, akan tetapi petugas medis (perawat).
60 persen mereka terpapar melakukan perjalanan ke daerah pandemi covid,  sehingga wilayah tersebut status zona merah.
Oleh karena itu perlunya sosialisasi adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan.
Selain menekankan memakai masker cuci tangan menggunakan sabun juga menjaga jarak dan menghindari keramaian/kerumunan guna mencegah virus Covid-19.
Sebelumnya Ketua Devisi Gemkara Kec Tanjungtiram Zulkifli Nasution mengatakan pihaknya berkewajiban mensosialisasikan adaptasi baru ini di tengah-tengah masyarakat membantu pemerintah dalam upaya mencegah memutus mata rantai virus yang sangat mematikan itu.
Zulkarnain Achmad dari PB Gemkara menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi. Dan berharap dapat diterapkan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus covid.
Sosialisasi dihadiri masyarakat, Kades Idris juga utusan devisi gemkara se Kab Batubara dengan mengundang sejumlah nara sumber.(a18)

Ket gambar
Panitia pelaksana saat sosialisasi adaptasi kebiasaan baru di gelar Devisi Gemkara Kec Tanjungtiram.Waspada/Iwan Has

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2