Waspada
Waspada » 410 Calon PPK Pilkada Simalungun Ikuti Ujian Tertulis
Sumut

410 Calon PPK Pilkada Simalungun Ikuti Ujian Tertulis

Ratusan calon PPK saat akan mengikuti ujian tertulis di SMPN 2 Jalan Asahan.Waspada/Ist
Ratusan calon PPK saat akan mengikuti ujian tertulis di SMPN 2 Jalan Asahan.Waspada/Ist

SIMALUNGUN (Waspada): Sebanyak 410 orang calon PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk Pilkada (Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati) Simalungun 2020, mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan KPU Simalungun di gedung SMP Negeri 2 Jalan Asahan Kec. Siantar, Kamis (30/1).

Selain dihadiri seluruh Komisioner KPU Simalungun, penyelenggaraan ujian tulis bagi para calon PPK tersebut turut dihadiri Bawaslu Simalungun dan lainnya.

Sebelumnya, jumlah pendaftar hingga batas waktu ditentukan sebanyak 423 orang namun dalam proses verifikasi berkas, 13 orang diantaranya tidak memenuhi syarat administrasi sehingga yang berhak mengikuti ujian tertulis sebanyak 410 peserta.

Para calon PPK saat mengikuti ujian tertulis di SMPN 2 Jalan Asahan. Tampak salah seorang komisioner mengawasinya.Waspada/Ist
Para calon PPK saat mengikuti ujian tertulis di SMPN 2 Jalan Asahan. Tampak salah seorang komisioner mengawasinya.Waspada/Ist

“Peserta yang ikut ujian tertulis diberikan waktu selama 90 menit untuk menjawab sebanyak 50 soal,” ujar Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik.

Dikatakan, setelah ujian tulis selanjutnya KPU akan menetap 10 calon untuk setiap kecamatan dan dari 10 orang calon tersebut nantinya akan diambil hanya 5 orang ranking tertinggi.

Selebihnya akan menjadi cadangan untuk menggantikan jika ada anggota PPK yang berhalangan tetap atau dengan masalah lain misalnya diberhentikan karena melakukan pelanggaran.

“Hasil ujian tertulis akan diumumkan tiga hari ke depan dan dapat dilihat melalui website KPU Simalungun,” kata Damanik.

Damanik menambahkan, setelah lulus ujian tertulis selanjutnya akan dilakukan seleksi wawancara, baru kemudian peserta sebanyak 5 orang ditetapkan untuk menjadi penyelenggara Pilkada di tingkat kecamatan.

“Kita berharap hasil seleksi ini akan melahirkan PPK yang benar-benar memiliki pengetahuan tentang Pemilu sehingga seluruh tahapan Pilkada ďi tingkat kecamatan hingga ke nagori (desa) berjalan dengan baik,” tegas Raja Ahab.(a29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2