Waspada
Waspada » 30 Stand Meriahkan Kampung Ramadhan Sergai
Sumut

30 Stand Meriahkan Kampung Ramadhan Sergai

Bupati Sergai H Darma Wijaya, Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, dan jajaran usai pembukaan Kampung Ramadhan di halaman masjid Agung Sergai Selasa (13/4) sore. (Waspada/Istimewa).

 

SEIRAMPAH (Waspada): Sebanyak 30 stand dari 17 Kecamatan memeriahkan Kampung Ramadhan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang berlokasi di halaman masjid Agung Sergai di Dusun I Desa Firdaus Kec.Sei Rampah.

yang pembukaannya diresmikan Bupati Sergai H. Darma Wijaya didampingi Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Selasa (13/4) sore kemarin.

Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam sambutannya menyatakan Kampung Ramadhan bertujuan untuk membantu mempromosikan UMKM dan di kemas dalam stand-stand yang terlihat lebih menarik.

” Dengan mengusung tema ” Melalui kegiatan Kampung Ramadan kita ciptakan UMKM yang berkualitas dan berdaya saing menuju Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius, kegiatan ini menampilkan beragam jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa “, jelas Darma Wijaya.

Semua ini lanjut Bupati, diambil dari beberapa Desa- Desa yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dan merupakan ciri khas dari kabupaten ini.

Launching Optimalisasi Pengumpulan Zakat dan Infaq ASN

Selain meresmikan Kampung Ramadan dalam kesempatan Bupati Sergai juga aunching Optimalisasi Pengumpulan Zakat dan Infaq ASN yang beragama Islam dan rencananya akan disalurkan kepada bilal mayit dan guru mengaji.

Zakat yang berasal dari para ASN Pemkab Sergai ini jumlahnya mencapai lebih kurang 5.400 orang, diantaranya sebanyak 3.400 orang yang beragama Islam.

Dari 3.400 ASN muslim papar Bupati, kurang lebih dari zakat dan infaq mencapai hingga Rp500 juta perbulan yang nantinya akan disalurkan kepada bilal mayit dan guru mengaji.

Sedangkan untuk umat Nasrani dari 2.000 orang ASN, kurang lebih terkumpul Rp300 juta yang di tujukan untuk guru minggu dan lainnya.

” Sekali lagi, saya mengucapkan selamat atas pembukaan Kampung Ramadhan ini, semoga menambah keberkahan bagi pelaku UMKM dan yang terpenting tetap patuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, karena hingga kini pandemi belum berakhir. Cuci tangan pakai sabun di tempat yang sudah disediakan, pakai masker dan jaga jarak aman,” pungkas H Darma Wijaya.

Sebelumnya, Asisten Pemum Kesra Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.Si, melaporkan penyelenggara kegiatan yang mengusung tema “melalui kegiatan Kampung Ramadan kita ciptakan UMKM yang berkualitas dan berdaya saing menuju Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius” dan subtema “Ramadhan Berbagi”.

Terdapat 3 (tiga) tujuan yang menjadi dasar adanya Kampung Ramadhan ini yaitu meningkatkan perekonomian UMKM Sergai di masa pandemi Covid-19, memperkenalkan produk khas daerah Sergai dan meningkatkan nilai religiusitas masyarakat Sergai.

“Rencananya Kampung Ramadhan ini akan dilaksanakan hingga 12 Mei mendatang di dalamnya ada 30 stand yang diisi oleh perwakilan UMKM dari seluruh kecamatan di Sergai yaitu sebanyak 17 kecamatan, kami berharap kegiatan ini selain memeriahkan suasana Bulan Suci Ramadan juga di saat yang sama memberdayakan UMKM lokal Sergai,” terang Hj Nina Deliana.

Acara diwarnai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada 5 UMKM Sergai, pemberian bantuan berupa sembako kepada petugas kebersihan Masjid Agung dan penyaluran zakat/infaq kepada bilal mayit dan guru mengaji berupa uang yang disalurkan melalui Bank BNI masing-masing penerima.

Turut hadir dalam kegiatan Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, Forkompinda, Ketua TP-PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.(a15/B)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2