Waspada
Waspada » 3 Unit Rumah Semi Permanen Milik Warga Ludes Terbakar Di Sahkuda Bayu
Sumut

3 Unit Rumah Semi Permanen Milik Warga Ludes Terbakar Di Sahkuda Bayu

 

SIMALUNGUN (Waspada): Tiga unit rumah semi permanen di Huta III Nagori (Desa) Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, ludes terbakar, Minggu (21/2) siang.

Ketiga rumah yang terbakar masing-masing rumah milik Surya, 34, rumah milik Saniyem, 70, dan rumah milik Amin, 50. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sedangkan asal api masih dalam penyelidikan Polsek Bangun. Sementara  kerugian ditaksir mencapai Rp.250 juta.

Kejadian kebakaran disiang hari itu sempat mengejutkan warga yang tinggal di Huta III Nagori Sahkuda Bayu tersebut. Begitu mengetahui ada api dari salah satu rumah yang terbakar, warga langsung berhamburan keluar rumah memberikan pertolongan dengan cara menyiramkan air menggunakan alat seadanya ember. Namun api terus membesar, sampai akhirnya 3 unit mobil pemadam kebakaran masing-masing milik PT Sipef, Pemkab Simalungun dan Pemko P.Siantar sampai di lokasi setelah material ketiga bangunan rumah semi permanen itu ludes terbakar.

Pangulu Nagori Sahkuda Bayu, Suyatno, yang dikonfirmasi Waspada, Minggu (22/2) sore, membenarkan ada peristiwa kebakaran yang menyebabkan 3 unit rumah warganya di Huta III ludes terbakar.

Disebutkannya, kejadian kebakaran terjadi sekira pukul 11.30 Wib. Awalnya saksi melihat asap dan api dari dalam rumah Surya. Begitu melihat api saksi langsung berteriak ‘kebakaran’. Sementara, Surya si pemilik rumah bersama keluarganya sedang keluar beli sarapan.

Mendengar teriakan ada ‘kebakaran’, para tetangga berhamburan keluar rumah. Kebetulan cuaca siang itu cukup panas dan hembusan angin lumayan kuat, sehingga api yang membakar rumah korban cepat membesar dan merembes ke rumah sebelahnya.

 

” Warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api terus membesar, apalagi material ketiga rumah semi permanen itu kebanyakan masih terbuat dari kayu,” kata Suaytno.

Dalam tempo 15 menit setelah kejadian, mobil pemadam kebakaran dari PT Sipef tiba dilokasi, namun tidak mampu memadamkan api. Dua unit mobil pemadam lainnya dari Pemkab Simalungun dan Pemko P.Siantar, tiba dilokasi sekira pukul 12.00, ikut membantu pemadaman, barulah api dapat dipadamkan setelah ketiga unit rumah semi permanen itu rata dengan tanah.

” Sejauh ini pihak Polsek Bangun masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan saksi-saksi untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran dan sumber apinya,” kata Suyatno.

Lebih lanjut dikatakan Suyatno, korban kebakaran untuk sementara ditampung di rumah keluarga dan warga setempat. Terkait dengan musibah kebakaran itu, pihaknya bersama Muspika Kecamatan Gunung Malela, telah memberikan bantuan sembako kepada para korban kebakaran.(a27)

Ket.gbr: Kobaran api sedang melahap ketiga unit rumah warga di Hita III Nagori Sahkuda Bayu.

Ket.gbr: Puing-puing 3 unit rumah semi permanen yang terbakar di Huta III Nagori Sahkuda Bayu, Minggu (21/2).

Ket.gbr: Pangulu Nagori Sahkuda Bayu, Suyatno didampingi Babinsa dan Kapolsek Bangun menyerahkan bantuan sembako kepada korban kebakaran, Minggu (21/2).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2