Waspada
Waspada » 29 Desa Peroleh Hibah Traktor
Sumut

29 Desa Peroleh Hibah Traktor

Waspada/Ist Saat penyerahan kunci traktor kepada kepala desa penerima bantuan hibah

Traktor bantuan hibah ini telah diserahkan kepada masyarakat kemaren, yang nantinya dikelola Kepala Desa setempat, merupakan bentuk perhatian negara kepada masyarakat korban erupsi Sinabung, kata Kepala BPBD Karo Ir. Martin Sitepu didampingi Kabid Rehabilitas dan Rekonstruksi Nius Abadi Ginting, S.HUT, Rabu (15/1).

Regulasi terhadap traktor yang dihibahkan kata Martin, berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) setempat, agar diterapkan pembiayaan termasuk pemeliharaan dan operator supaya alat ini bisa bekerja terus menerus.

Martin menyebutkan, traktor yang dihibahkan bisa dipekerjakan keluar desa, setelah tidak ada kegiatan di dalam desa, dan ini harusnya menjadi aturan baku, karena yang diutamakan adalah penduduk desa. Mengoptimalkan traktor dapat bekerja dengan baik, pihak perusahaan penyedia traktor telah mengajari operator dalam bentuk pelatihan sebelum traktor didistribusikan ke desa, jelasnya.

Dana pembelian ke 29 traktor ini berasal dari sisa dana hibah rehabilitas dan rekonstruksi sebesar Rp 9.628.000.000 pasca bencana.

Ke 29 Desa yang mendapat bantuan hibah yakni Desa Sukatepu, Desa Kutambelin, Desa Gungpinto, Desa Kebayaken, Desa Kuta Rayat, Desa Sukandebi, Desa Ndeskati, Desa Naman Kecamatan Naman Teran.

Desa Batu Karang, Desa Payung, Cimbang Desa Rimo Kayu, Desa Ujung Payung, Desa Selandi, Desa Batukarang Kuta Kecamatan Payung. Desa Beganding, Desa Perteguhen dan Desa Torong Kecamatan Simpang Empat.

Desa Susuk, Desa Sukatendel, Desa Tiganderket, Desa Tanjung Merawa, Desa Gunung Merlawan, Desa Kutambaru, Desa Perbaji dan Desa Temburun Kecamatan Tiganderket dan Desa Deram dan Desa Ujung Teran Kecamatan Merdeka.

Selain didistribusikan langsung ke sejumlah desa penerima, beberapa unit diantaranya diserahkan oleh pemerintah kabupaten Karo dan BPBD Provinsi Sumatera Utara. (cpn

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2