27 Pejabat Pimpinan Pratama Pemkab Simalungun Uji Kompetensi

27 Pejabat Pimpinan Pratama Pemkab Simalungun Uji Kompetensi

  • Bagikan
Suasana pelaksanaan uji kompetensi para pejabat Pemkab Simalungun di Balai Harungguan Djabanten Damanik, Kamis (21/10).(Waspada/ist)
Suasana pelaksanaan uji kompetensi para pejabat Pemkab Simalungun di Balai Harungguan Djabanten Damanik, Kamis (21/10).(Waspada/ist)

PAMATANGRAYA (Waspada): Sebanyak 27 orang pejabat di jajaran Pemkab Simalungun mengikuti uji kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama, di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kamis (21/10).

Pelaksanaan uji kompetensi dibuka secara resmi Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga diwakili Sekda, Esron Sinaga. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana potensi dari para pejabat pimpinan tinggi Pratama (eselon II) dimaksud.

Dalam sambutan tertulis bupati dibacakan Sekda, Esron Sinaga, mengatakan, uji kompentensi merupakan amanat UU No 5 Tahun 2014 dan PP No 11 Tahun 2017 telah diubah menjadi PP No 17 Tahun 2020. 

Uji kompetensi dilaksanakan berdasarkan kebutuhan instansi, setelah mendapat persetujuan pejabat pembina kepegawaian (PPK) dan berkoordinasi dengan KASN. Pelaksanaan uji kompetensi ini juga telah mendapat persetujuan dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, berdasarkan surat No. B-3567/KASN/10/2021 perihal rencana uji kompetensi pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Simalungun.

Bahwa uji kompetensi ini dalam rangka mewujudkan birokrasi yang efesian, efektif, bersih, dan akuntabel, serta untuk meningkatkan pelayanan dan manajemen ASN melalui penerapan sistem merit yang bertujuan untuk membangun bidang SDM aparatur dan mewujudkan pegawai ASN yang profesional berintegritas, netral dan bekerja tinggi.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Simalungun, Jamesrin Saragih melalui Sekretaris Dinas, Serubabel Saragih mengatakan, uji kopetensi yang dilaksanakan meliputi potensi kemauan belajar, kemampuan analisa, verbal, numerik, motivasi berprestasi, kemandirian/inisiatif, sistematik kerja, interpersonal, penyusuaian diri terhadap lingkungan kerja, kerjasama, tanggungjawab, rasa percaya diri dan pengambilan keputusan.

Pelaksanaan uji kompetensi ini diikuti sebanyak 27 orang pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Simalungun, dengan metode pelaksanaan yaitu penulisan makalah, assemen centre, wawancara dan rekam jejak.

Uji Kompetensi akan berlangsung selama empat hari mulai 21-22 Oktober 2021, dan 25-26 Oktober 2021. (a27)

  • Bagikan