Waspada
Waspada » 195 Napi Rutan Balige Terima Remisi Umum HUT RI Ke-75
Sumut

195 Napi Rutan Balige Terima Remisi Umum HUT RI Ke-75

TOBA (Waspada) : 195 orang Nara Pidana (Napi) yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Balige, Kabupaten Toba mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa tahanan pada perayaan HUT RI ke-75, Senin (17/8).

Pemberian remisi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM sekaitan dengan penghargaan dan perhatian pemerintah kepada warga binaan.

Kepala Rutan Kelas II Balige, Leonard Silalahi, dalam keterangan Persnya mengakui, 195 Napi mendapatkan remisi mulai dari 1 bulan hingga 5 bulan dan tidak ada yang mendapatkan remisi bebas.

Dari data diketahui, warga binaan yang mendapatkan remisi 1 bulan sebanyak 16 orang, 2 bulan 64 orang, 3 bulan 80 orang, 4 bulan 27 orang dan 5 bulan 8 orang, total 195 orang. Sementara data keseluruhan warga binaan Rutan Balige sebanyak 322 orang, 5 diantaranya perempuan dengan jumlah kasus paling banyak adalah narkoba.

“Sebelumnya, 120 orang warga binaan Rutan Balige mendapatkan asimilasi Covid-19, makanya untuk HUT RI ke-75 tahun ini tidak ada Napi yang mendapatkan remisi bebas,” ujar Leonard.

Terkait 120 warga binaan yang mendapatkan asimilasi Covid-19, diakui Leonard hingga saat ini masih dalam pemantauan dan belum ada yang tersandung hukum kembali.

Sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoli yang dibacakan oleh Bupati Toba, Darwin Siagian sekaligus Inpektur Upacara di Rutan Kelas II Balige. Dalam arahannya mengatakan bahwa Narapidana adalah warga yang saat ini terbatas kebebasannya namun untuk haknya adalah sama sebagaimana diatur dalam undang-undang.

“Untuk itu, diharapkan supaya semasa dalam pembinaan oleh Rutan seluruh warga binaan tetap berperilaku baik sehingga masa tahanan secepatnya bisa terselesaikan dan kembali kepada keluarga secepatnya,” ujar Darwin.

Acara pemberian remisi kepada 195 orang warga binaan Rutan Balige yang diawali dengan upacara sederhana. Turut hadir, Wakil Bupati Toba, Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu, Kapolres Tobasa Akala Fikta Jaya, Kajari Tobasa Robinson Sitorus, Ketua PN, Sekda Audy Murphy Sitorus, para Asisten, Staf Ahli dan Kabag. (a36)


Ketetangan foto: Kolase Pemberian Remisi HUT RI ke-75 kepada 195 warga binaan Rutan Kelas II Balige, Kabupaten Toba, Senin (17/8). Waspada/Ramsiana Gultom

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2