19 Rumah Di Sergai Dihantam Puting Beliung
Bupati Serahkan Bantuan

  • Bagikan
Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kepala BPBD Sergai M Husin, Camat Serbajadi Syafrudin, Kepala Desa Pulau Gambar Suriadi saat meninjau dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana puting beliung di Desa Pulau Gambar Kec.Serba Jadi Kab.Sergai, Jumat (6/5) Waspada/Edi Saputra
Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kepala BPBD Sergai M Husin, Camat Serbajadi Syafrudin, Kepala Desa Pulau Gambar Suriadi saat meninjau dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana puting beliung di Desa Pulau Gambar Kec.Serba Jadi Kab.Sergai, Jumat (6/5) Waspada/Edi Saputra

SERBAJADI (Waspada): Sebanyak 19 unit rumah di 6 Pulau Gambar Kec.Serba Jadi Kab.Serdang Bedagai (Sergai) dihantam angin puting beliung disertai hujan deras, Kamis (5/5) sore sekitar pukul 15:30.

Dari 19 unit rumah yang tersebar di Dusun IV, VII, XVI, XI, VIII dan XIVA Desa Pulau Gambar, 9 unit diantaranya mengalami rusak berat dengan kondisi kap dan atap rumah terangkat dan sempat terbang terbawa angin puting beliung hingga beberapa meter dari rumah

Selanjutnya, Jumat (6/5) Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kepala BPBD Sergai M Husin, Camat Serbajadi Syafrudin, Kepala Desa Pulau Gambar Suriadi serta Muspika Serba Jadi langsung meninjau korban bencana sekaligus menyerahkan bantuan material broti, seng dan paku seng dari Pemkab Sergai melalui BPBD, selain itu beras dan uang tunai merupakan bantuan dari Bupati Sergai.

Sebelumnya pihak Kecamatan Pegajahan dan pihak Desa Pulau Gambat juga telah memberikan bantuan bahan pakaian kepada seluruh korban bencana.

Adapun korban rusak berat dialami Kornelius Sitorus, 82, Esma Br Hutapea, 64, Nurifa Br Sirait, 48, ketiganya warga Dusun XVI Desa Pulau gambar, Roni Purnama, 28, Selamat, 52, Edianto, 53, keduanya warga Dusun XI Desa Pulau Gambar, Padri, 43, warga Dusun VIII Desa Pulau Gambar, Swanto, 41, warga Dusun XIV A Desa Pulau Gambar serta Asnan, 71, di Dusun VII Desa Pulau Gambar.

Salah seorang korban rusak berat Kasih, 61, warga Dusun VII Desa Pulau Gambar didampingi suaminya Asnan, 71, di hadapan Bupati Sergai dan rombongan mengaku sebelum kap rumahnya terangkat olah angin puting beliung disertai hujan deras.

“Kami dan sekeluarga masih berada di dalam rumah sehingga buru-buru menyelamatkan diri ke rumah tetangga, hampir seluruh perabot rumah basah”, terang Kasih.

Ditambahkan Kasih, meski semua selamat tetapi suaminya yang tengah sakit stroke masih terlihat trauma dan masih enggan masuk ke dalam rumah.

” Terima kasih atas kepedulian bapak Bupati dan ibu yang langsung melihat rumah kami dan menyerahkan bantuan”, ujar Kasih haru.

Di lokasi bencana Bupati Darma Wijaya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan akan ancaman bencana yang disebabkan oleh cuaca ektrem seperti angin puting beliung maupun angin kencang yang disertai hujan lebat dengan berlindung di bangunan yang kokoh dan menghindar dari bangunan dan pohon yang rapuh.

Dalam kunjungan ke Desa Pulau Tagor hari ini lanjut Bupati Darma Wijaya, selain meninjau langsung juga memberikan bantuan stimulus dari Pemkab Sergai berupa material bangunan seng, broti dan paku serta menambahkan uang dan beras.

Diakui Bupati bantuan ini tidak sepenuhnya dapat membantu keseluruhan kerusakan rumah warga namun dapat sedikit meringankan, setidaknya dapat menghibur korban bencana.

” Kepada para korban bencana musibah kiranya bersabar karena ini cobaan dari yang maha kuasa (Allah SWT), kiranya kita tetap waspada karena angin puting beliung sering terjadi di desa Pulau Tagor, juga beberapa Kecamatan di Sergai yang memang merupakan daerah perlintasan angin puting beliung”, jelas Darma Wijaya.

Begitu juga para korban imbuh Bupati, kiranya kedepan lebih memperhatikan saat membangun rumah maupun merehap rumah khususnya kap rumah kiranya ditambah besi pengikat di ring balok, setidaknya dapat mengantisipasi atap rumah agar tidak lebih mudah terbang jika diterpa angin kencang, tutup Bupati.

Kepala BPBD Sergai M Husin kepada Waspada menambahkan bahwa data terakhir jumlah korban bencana angin puting beliung di Desa Pulau Gambar sebanyak 19 unit rumah, 9 diantaranya mengalami rusak parah.

” Selain pendataan pihak BPBD Sergai juga mulai mendistribusikan bantuan material bangunan berupa broti, seng serta paku”, pungkas M Husin. (a15).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *