15.507 KK Terima JPS Dampak COVID-19 - Waspada

15.507 KK Terima JPS Dampak COVID-19

  • Bagikan
Pemkab Batubara melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan JPS dampak COVID-19 ke camat untuk masyarakat desa. Waspada/Iwan Has
Pemkab Batubara melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan JPS dampak COVID-19 ke camat untuk masyarakat desa. Waspada/Iwan Has

LIMAPULUH (Waspada): Sebanyak 15.507 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Batubara menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dampak COVID-19 tahap II.

Bantuan JPS tunai tersebut langsung diserahkan Pemkab Batubara melalui Dinas Sosial kepada masing-masing camat melalui berita acara terima untuk selanjutnya disalurkan ke masyarakat melalui Kades, di kantor Camat Talawi di Labuhan Ruku, Senin (22/6).

Sedangkan satu kecamatan yakni Kec Lima Puluh Pesisir masih bermasalah akibat data yang diusulkan belum final dan menunggu perbaikan.
“Dana JPS ini bersumber dari APBD Batubara diterima Rp200 ribu/KK dengan menggunakan berita acara serah terima dari desa,” sebut Kepala Dinas Sosial Kab Batubara Ishak Liza kepada wartawan di sela-sela penyaluran bantuan.

Menurutnya, bantuan itu diarahkan untuk keperluan sembako berupa beras 10 kilogram, gula 2 kilogram, minyak goreng 2 liter dan 20 bungkus mie instan.

Disalurkan di Kec Nibung Hangus sebanyak 2.551 penerima, Sei Balai 1.383, Tanjungtiram 3.072, Talawi 2.636, Datuk Lima Puluh 2.423.

Untuk kec Lima Puluh Pesisir ditunda karena mengalami kendala dalam masalah data yang diusulkan belum final sebagaimana disampaikan Kasi Kesos, sehingga perlu perbaikan.

Sedangkan untuk bantuan JPS Provinsi ke Batubara sebanyak, 60.769 disalurkan di bulan Mei kepada 36.600 penerima dan tersisa 24.169, disalurkan pada 6 kecamatan pada periode Juni, meliputi Kec Medang Deras, Laut Tador, Seisuka, Air Putih, Lima Puluh, dan Datuk Tanah Datar.

Camat Talawi Muliadi menyambut baik program JPS dampak COVID-19 dan secepatnya menyalurkan ke masyarakat desa supaya dapat dimanfaatkan sebagaimana harapan Bupati Zahir.(a18)

  • Bagikan