14 Rumah Di Siborboron Diterjang Angin Beliung

  • Bagikan
ANGIN Puting Beling tengah menghamburkan atap rumah warga Dusun II, Desa Siborboron. Waspada/vidio tangkapan layar. Waspada/Ist
ANGIN Puting Beling tengah menghamburkan atap rumah warga Dusun II, Desa Siborboron. Waspada/vidio tangkapan layar. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada) : Sebanyak 14 unit rumah diterjang angin puting beliung di Desa Siborboron, Kecamatan Sijama Polang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Minggu (24/4) sekitar pukul 18:30 WIB.

Tidak ada korban jiwa atas fenomena alam itu. Sementara, beberapa korban amukan angin belitung tersebut harus tinggal di tenda darurat dan rumah kerabatnya menunggu perbaikan atas rumah yang rusak.

BUPATI Humbahas, Dosmar Banjarnahor bersama Forkopimda tengah mengunjungi para korban dan menyalurkan bantuan sosial serta sembako. Waspada/Ist

Kepala Desa Siborboron, Mual Simanullang kepada Waspada, Senin (25/4) melalui selulernya membenarkan bencana alam puting beliung yang menerjang permukiman warga di Dusun II, Desa Siborboron.

Katanya, angin kencang menyerupai tornado itu menerjang 14 unit rumah. Dari 14 Rumah korban angin beliung, sebanyak enam unit rumah rusak berat dan delapan rumah rusak ringan. Pada kondisi rumah yang rusak berat, angin menghancurkan semua atap, badan rumah dan perabotan rumah tangga. Sementara yang rusak ringan, angin hanya menghempaskan sebagian atap rumah.

“Fenomena alam angin puting beliung itu terlihat mengerikan, atap rumah yang diterjang angin melayang hingga 300 meter lebih dari lokasi kejadian,” tukasnya.

Ditambahkan, pasca kejadian itu, Pemkab Humbahas bersama Forkopimda telah hadir ke lokasi meninjau kerusakan rumah dan menyalurkan bantuan kepada para korban. Saat ini, pihaknya juga sudah mendirikan posko penggalangan bantuan untuk meringankan beban para korban.

Katanya lagi, atas kejadian itu, sejauh ini, pihaknya belum bisa menghitung kerugian para korban. “Belum bisa kita hitung asumsi kerugian para korban angin beliung. Saat ini petugas (perangkat desa) masih melakukan pendataan kerugian masing-masing korban untuk selanjutnya dilaporkan ke pemerintah,” pungkasnya.

Terpisah Plt. Kakak BPBD Humbahas, Rommel Silaban kepada Waspada menyampaikan, pasca kejadian, pihaknya langsung turun ke lokasi mendata rumah yang rusak serta memberikan penghiburan kepada para korban. “Hari ini, Pemkab bersama Forkopimda menyalurkan bantuan sembako dan mendirikan tenda darurat,” terangnya.

Senada dengan itu, Plt. Kadis Sosial Humbahas, Nipson Lumban Gaol membenarkan bahwa pihaknya dari Pemkab Humbahas serta Forkopimda telah menyalurkan bantuan sosial, sembako dan obat-obatan.

Pasca kejadian, Nipson berharap, para korban dapat bersabar dan segera memperbaiki rumah yang rusak akibat bencana alam angin beliung. (cas/a08)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.