Waspada
Waspada » 138.966 Surat Suara Tiba Di KPU Toba Samosir
Sumut

138.966 Surat Suara Tiba Di KPU Toba Samosir

Surat suara tiba di KPU Toba Samosir. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Sebanyak 138.966 eksemplar surat suara untuk Pemilihan Kepala Kaerah (Pilkada) Kabupaten Toba tiba di KPU Toba Samosir, Jl. Soposurung Balige, Selasa (24/11) sekira pukul 23.30 Wib. Surat suara tiba lebih cepat satu hari dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Sekretaris KPU Toba Samosir, Resbol Lumban Gaol ketika dikonfirmasi Waspada, Rabu (25/11) mengatakan, surat suara saat ini masih diamankan di dalam gudang KPU sampai masa perhitungan, pelipatan dan sortir dilakukan.

“Sebelum perhitungan kita lakukan akan kita sampaikan pemberitahuan kepada pihak-pihak yang berkepentingan seperti Bawaslu, Polres dan Pemkab. Untuk perhitungan, pelipatan dan sortir akan kita mulai pada hari Sabtu (28/11) pagi.

Dengan jumlah petugas sebanyak 30 orang, diperkirakan akan selesai selama empat hari,” ujar Resbol.

Guna menghindari penyebaran Covid-19, pihaknya memutuskan petugas pelipat merupakan petugas KPU juga.

Sebelumnya, petugas pelipat surat suara akan menjalani rapid test pada hari Kamis (26/11). Dalam tekhnis pelaksanaan juga akan mengikuti protokol kesehatan yakni dengan menjaga jarak.

“Seluruh petugas nanti jarak duduknya juga diatur sesuai protokol kesehatan, maka jumlahnya kita batasi hanya berkisar 30 orang saja,” imbuhnya.

Sementara hingga kini, diakuinya sejumlah logistik belum tiba di KPU Toba Samosir yakni Formulir C Hasil dan APD berupa baju Hazmat.

“Jika tidak ada kendala diperjalanan, seluruh logistik ini kita perkirakan akan tiba paling lambat tanggal 5 Desember di KPU Tobasa,” katanya memastikan.

Untuk pendistribusian logistrik ke Kecamatan, lanjutnya sudah mulai dicicil. Pihaknya memastikan seluruh logistik akan tiba di seluruh TPS paling lambat H-1.

“Pendistribusian logistik kita lakukan dengan memprioritaskan daerah pinggiran. Berdasarkan pengalaman pelaksanaan Pemilu tahun lalu, kita yakin seluruh logistik akan tersalur paling lambar H-1,” pungkas Resbol mengakhiri. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2