Waspada
Waspada » Pisah Sambut Kajari Toba, Baringin Gantikan Robinson
Sumut

Pisah Sambut Kajari Toba, Baringin Gantikan Robinson

Robinson Sitorus beserta istri dan Baringin Pasaribu beserta istri foto bersama dengan seluruh keluarga besar Kejari Toba Samosir. Pisah Sambut Kajari Toba, Baringin Pasaribu Gantikan Robinson Sitorus. Waspada/Ramsiana Gultom
Robinson Sitorus beserta istri dan Baringin Pasaribu beserta istri foto bersama dengan seluruh keluarga besar Kejari Toba Samosir. Pisah Sambut Kajari Toba, Baringin Pasaribu Gantikan Robinson Sitorus. Waspada/Ramsiana Gultom

 

TOBA (Waspada) : Pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di Kejaksaan Negeri Toba Samosir berlangsung sederhana. Acara dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Sabtu (27/8).

Kajari Tobasa yang lama, Dr. Robinson Sitorus, S.H, M.H pindah ke Kejaksaan Tinggi Riau menjabat sebagai Asisten Pembinaan, sementara Kajari Tobasa yang baru dijabat oleh Baringin Pasaribu, S.H, M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Landak di Ngabang.

Turut hadir dalam pisah sambut ini, Bupati Toba, Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak, Sekda, Audi Murphy Sitorus, Ketua DPRD Toba, Efendi SP Napitupulu, para pimpinan OPD Pemkab Toba,
Kapolres Toba, AKBP. Akala Fikta Jaya, mewakil Dandim 0210/TU, Mayor Inf. Kaminton Napitupulu, Ketua Pengadilan Balige, Lenny Megawaty Napitupulu, Ketua GAMKI Toba, Mekar Sinurat, Pdt. Saut Sirait, dan tokoh masyarakat Toba.

Mewakili tokoh masyarakat,
Harangan Hutahaean memberikan wejangan kepada Robinson Sitorus.
Selaku putra daerah kelahiran dan besar Pekanbaru, Robinson akan menghadapi dua karakter masyarakat yang senang akan kehadirannya.

“Saat warga Pekanbaru mengetahui perpindahanmu ini, dua kelompok masyarakat menyambut dengan suka cita. Ada kelompok masyarakat karakter kurang baik, mereka pasti menunggu untuk mengharapkan bantuan atas kesalahan yang diperbuat, tapi kalau kelompok orang baik akan mendoakan dan bangga serta mendukung penegakan hukum lewat kehadiran Pak Robinson di Pekanbaru,” ujar Harangan.

Selaku orangtua yang sangat dekat dengan Robinson, Harangan mengingatkan agar pintar-pintar membawa diri dan menjaga jabatan yang diamahkan sebagai lompatan karir. Dan berharap segera diangkat menjadi Kajati.

“Kepada Kajari Baru, saya berharap di daerah Toba ini bisa berjalan dengan baik dan bersinergi dengan seluruh Forkopimda. Semoga daerah kita ini aman dan makmur dengan kedatangan Kajari baru,” imbuhnya.

Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati, Tonny Simanjuntak menyampaikan ucapan terimakasih kepada Robinson Sitorus atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Kajari Toba.

“Kami sangat bangga selama Kajari lama bertugas di Toba, kami percaya pengabdian bapak yang tulus akan dikenang seluruh masyarakat Toba. Janganlah lupa melihat kami yang merindukanmu di Toba,” ujarnya.

“Demikian juga kepada Bapak Kajari yang baru bertugas di Kabupaten Toba. Bapak bagi saya sudah tak asing lagi, karena sama-sama pernah di Bandung. Sabarlah Bapak Kajari selama bertugas di Toba, semoga tidak ada kasus-kasus di Toba ini, bukan karena tidak bekerja tapi karena Toba memang benar bersih dan murni untuk membangun Toba. Kehadiran bapak di Toba ini kami percaya akan mebawa Toba semakin baik, semakin adil dan semakin aman,” papar Poltak.

Poltak juga mengakui, akan banyak persoalan yang akan dihadapi di Toba ini, tapi Poltak percaya banyak falsafah yang dapat dijadikan pegangan salah satunya konsep gotong royong.

“Falsafah yang penting kita pelajari dari orangtua kita salah satunya adalah gotong royong, apapun keadaannya jika terjalin hubungan harmonis akan membuat Toba semakin kreatif, inovatif dan produktif,” pungkas Poltak.

Selama 1 tahun 2 bulan menjabat sebagai Kajari Toba, Robinson Sitorus meminta maaf kepada seluruh masyarakat Toba dan jajaran Forkopinda.

“Jikalau ada perbuatan saya yang salah ucap, membuat sakit hati dan tak enak perasaan, saya mohon maaf. Saya titip Toba ini kepada Kajari Tobasa yang baru, kepada seluruh Forkopimda agar mendukung kinerja Kajari yang baru,” tegas Robinson.

Senada, Kajari baru Tobasa, Baringin Pasaribu mengucapkan selamat jalan kepada Robinson Sitorus. Dia juga berharap bisa diterima oleh seluruh kalangan Forkopimda dan masyarakat Toba.

“Puji Tuhan hari ini kita bisa berkenalan dan melepas senior saya yang pindah ke Pekanbaru. Saya mohon dibantu oleh semuanya dalam menjalankan tugas di Kabupaten Toba,” ujar Baringin.

Diakuinya, tugas sebagai Kajari Tobasa merupakan penugasan pertama di daerah Batak.

“Ini pertama kalinya saya tugas di kampung, di daerah nenek moyang kami. Kami mohon masukan dan bimbingan dari Pemkab, Forkopimda, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Saya akan mendukung program Pak Jokowi dalam program KSPN dan harus all out,” jelasnya.

“Kita siap bersinergi sesuai arahan pak Jokowi. Terkait tupoksi kami di bidang penindakan, untuk meminimalisir korupsi, sebisa mungkin kita akan komunikasikan,” pungkas Baringin.

Acara juga dilanjut dengan penyerahan ulos sebagai kenang-kenangan dari tokoh adat marga Sitorus kepada Robinson Sitorus dan tokoh adat marga Pasaribu kepada Baringin Pasaribu. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2