Waspada
Waspada » 11 Rumah Di Ujung Deleng Hangus Terbakar
Sumut

11 Rumah Di Ujung Deleng Hangus Terbakar

KONDISI rumah milik korban di Desa. Ujung Deleng sudah rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah, sementara petugas Pemadam dan warga masih melakukan penyiraman agar api bener bener padam. Waspada/Ist

TANAH KARO (Waspada): Kobaran api menghanguskan 11 unit rumah terbuat dari papan di Desa Ujung Deleng, Kecamatan Kutabuluh, Rabu(23/6). Dalam peristiwa kebakaran itu, tidak ditemukan korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 800 juta.

Kapolsek Kutabuluh, melalui Kasubag Humas Polres T. Karo Iptu Syahril Lubis kepada Waspada membenarkan peristiwa kebakaran di wilayah hukumnya. Dari data yang diperoleh di Tempat Kejadian Perkara (TKP) ke 11 rumah terbuat dari papan kondisinya sudah hangus rata dengan tanah dan puing puing sisa bangunan.

Dikatakan Syahril, sumber api dan penyebab kebakaran masih belum diketahui atau masih dalam penyelidikan. Sementara dari keterangan saksi di lokasi kejadian mengaku pertama kali, api sudah membesar dan dengan cepat menyambar ke seluruh rumah di desa itu. Saksi menyebutkan, saat melihat kobaran api, saksi langsung histeris sambil meminta pertolongan ke warga lain di desa dan berjibaku mencoba memadamkan api dengan air seadanya.

Namun kobaran api masih terus membesar hingga meratakan sebelas rumah diantaranya rumah milik Justri Sinulingga, 40, Iting br Ginting, 60, Logos Sinuraya, 48, Muat Semibiring, 56, Amir Semibiring, 55, Teringet br Sembiring, 48, Susiadi Tarigan, 45, Malem Ukor, 58, Alm. Ngalemi br Sembiring, 75, Saptiah br Ginting, 60 dan Soni Sembiring, 48.

Mengetahui peristiwa itu dua unit Damkar dari Kecamatan Tigabinanga dan Tiganderket bersama petugas Polisi/TNI, BPD dibantu warga, akhirnya kobaran api berhasil di padamkan, namun kondisi ke sebelas rumah yang seluruhnya terbuat dari papan diketahui hangus terbakar.

“Sampai saat ini dugaan penyebab kebakaran yang menghanguskan 11 rumah terbuat dari papan masih dalam penyelidikan”, terang Syahril. Akibat peristiwa itu, saat ini para korban kebakaran dikumpulkan di Jambur desa. Para korban berharap kepada Pemda Karo bisa membantu dan meringankan musibah yang kini terjadi. Korban mengaku akan tinggal sementara di Jambur menunggu sampai rumah mereka bisa di huni kembali, terang Syaril . (c02).

KONDISI rumah milik korban di Desa. Ujung Deleng sudah rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah, sementara petugas Pemadam dan warga masih melakukan penyiraman agar api bener bener padam. Waspada/Ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2