11 JPTP Lowong Di Pemko Pematangsiantar, Diseleksi Secara Terbuka 

  • Bagikan
Plt Kepala BKD Heryanto Siddik, Rabu (16/6) menyebutkan 11 JPTP di Pemko Pematangsiantar yang lowong akan diisi dengan seleksi terbuka dengan memberi kesempatan kepada PNS Pemda/Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah Provsu yang berminat dan memenuhi syarat yang ditentukan untuk mengikuti seleksi. Waspada/Edoard Sinaga
Plt Kepala BKD Heryanto Siddik, Rabu (16/6) menyebutkan 11 JPTP di Pemko Pematangsiantar yang lowong akan diisi dengan seleksi terbuka dengan memberi kesempatan kepada PNS Pemda/Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah Provsu yang berminat dan memenuhi syarat yang ditentukan untuk mengikuti seleksi. Waspada/Edoard Sinaga

PEMATANGSIANTAR (Waspada): 11 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) (Eselon IIb) di lingkungan Pemko Pematangsiantar yang selama ini hanya dijabat Pelaksana Tugas (Plt), akan diisi dengan seleksi terbuka dengan memberikan kesempatan kepada PNS Pemda/Kabupaten/Kota/Provinsi  di wilayah Provsu yang berminat dan memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk mengikuti seleksi.

JPTP yang akan diisi dengan seleksi itu terdiri Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako, Inspektur Daerah, Kadis Pendidikan, Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kadis Komunikasi dan Informatika, Kadis Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan, Kaban Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kaban Pengelola Keuangan Daerah, Kaban Kepegawaian Daerah dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Ketentuan umum bagi yang berminat yakni bersatus sebagai PNS di lingkungan Pemda/Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah Provsu, memiliki pangkat/golongan ruang serendah-rendahnya Pembina (IVa) terhitung saat pendaftaran, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah S-1 atau Diploma IV.

Kemudian, memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural sesuai jabatan yang dilamar, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun, memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, berusia setinggi-tingginya 56 tahun saat pelantikan serta sehat jasmani dan rohani.

Sedang ketentuan khusus yakni sudah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III atau II (untuk jabatan Staf Ahli Wali Kota, wajib lulus pendidikan pengembangan kompetensi kepemimpinan tingkat II), unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir.

Pelamar dari lingkungan Pemko Pematangsiantar saat melamar dalam keadaan sedang atau pernah menduduki jabatan administrator atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat dua tahun, wajib mendapatkan persetujuan untuk mengikuti seleksi dari atasan langsung, minimal dari pejabat Eselon II, pelamar dari luar lingkungan Pemko Pematangsiantar wajib mendapatkan persetujuan untuk mengikuti seleksi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) tempat asal.

Pelamar berhak melamar paling banyak dua jabatan, tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin maupun PP No. 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Kemudian, tidak terlibat secara aktif dalam penggunaan maupun peredaran Narkoba, membuat surat lamaran yang ditandatangani dan ditulis tangan pelamar serta bermeterai Rp 10.000, yang dilengkapi dengan daftar lampiran seperti dicantumkan pada poin IV huruf d dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Terbuka (satu lembar asli dan lima lembar fotokopi).

Mengenai tahapan dan mekanisme seleksi terbuka itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Heryanto Siddik yang dihubungi Rabu (16/6) menyebutkan Pemko Pematangsiantar telah membentuk panitia seleksi (Pansel) dan selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPTP dipercayakan kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat Pemprovsu Mhd. Fitriyus.

Ketua Panitia akan memimpin tahapan dan pelaksanaan mulai pendaftaran, seleksi administrasi dan rekam jejak, pelaksanaan uji kompetensi (assessment center), presentasi dan wawancara, sedang tahapan kegiatan berupa pengumuman pada 15-28 Juni, pendaftaran 16-28 Juni, seleksi administrasi dan rekam jejak 16-29 Juni.

Kemudian, pengumuman hasil seleksi administrasi dan rekam jejak 30 Juni, pengumpulan makalah 1-2 Juli, pelaksanaan uji kompetensi (assessment center) 2-3 Juli, presentasi dan wawancara 5-7 Juli, penetapan hasil akhir oleh Pansel, penyerahan hasil seleksi kepada PPK serta penyampaian laporan hasil seleksi jabatan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 7 Juli.(a28/C).

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *