Sumut Penuhi Janji Undang KONI Se Indonesia

MEDAN (Waspada): Provinsi Sumatera Utara memenuhi janji secepatnya mengundang semua Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Se Indonesia jika memenangi bidding tuan rumah PON 2024 bersama Aceh.

Sumut Penuhi Janji Undang KONI Se Indonesia
DARI KIRI: Ketua Umum John Ismadi Lubis, didampingi Wakil Ketua I Prof Dr Agung Sunarno, Wakil Ketua II Sakiruddin dan Sekretaris Umum Chairul Azmi, memimpin rapat pleno KONI Sumut, Selasa (18/9).  (Waspada/Jonny Ramadhan Silalahi)      

Pemenuhan janji itu dikemas dalam bentuk Rapat Koordinasi KONI Se Indonesia yang akan berlangsung di Hotel Niagara Parapat, 20-22 September mendatang.

“Rapat nanti sekaligus untuk memenuhi janji kita saat bidding tuan rumah PON yang lalu,” jelas Ketua Umum John Ismadi Lubis, saat memimpin rapat pleno pengurus di Kantor KONI Sumut, Jln Willem Iskandar, Medan, Selasa (18/9).

“Tapi dalam rapat nanti banyak hal strategis akan kita bahas terkait kesiapan Sumut dan Aceh sebagai calon tuan rumah PON 2024. Juga mengenai kepastian cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON 2020 Papua,” tambahnya.

Didampingi Wakil Ketua I Prof Dr Agung Sunarno, Wakil Ketua II Sakiruddin dan Sekretaris Umum Chairul Azmi, John Lubis mengatakan bahwa KONI Sumut secara khusus mengundang PB PON 2020 Papua untuk memaparkan program mereka.

“Sampai saat ini belum ada kepastian cabor yang dipertandingkan pada PON 2020. Melalui rapat nanti kita juga berjuang supaya wushu dan biliar sebagai cabor andalan medali kita tetap tampil di Papua,” ujarnya lagi.

Sesi diskusi tentang PON 2020 Papua dijadwalkan berlangsung tiga jam lebih pada Sabtu (21/9) pagi dengan rumusan dan rekomendasinya akan disampaikan kepada para pihak/instansi terkait.

KONI Aceh dan Sumut selaku calon tuan rumah PON 2024 juga akan paparan mengenai persiapan masing-masing provinsi, dilanjutkan dengan peninjauan venue pertandingan yang akan dilangsungkan di sekitar kawasan Danau Toba.

Menurut Sekum Chairul Azmi, para peserta rapat sebagian besar datang melalui Bandara Silangit, termasuk Ketua KONI Pusat Letjend (Purn) TNI Marciano Norman dan rombongan.

“Sampai saat ini baru rombongan KONI Aceh yang memastikan kedatangannya melalui Bandara Kuala Namu. KONI Pusat dan KONI Provinsi lainnya yang sudah konfirmasi umumnya lewat Bandara Silangit,” tutur Chairul. (m15)