Simpang Lima Sinabang Terbakar

SIMEULUE (Waspada): Pusat Perdagangan Simpang Lima Sinabang yang terletak pada jantung ibu kota Kabupaten Simeulue, menjelang subuh pagi tadi terbakar.

Kebakaran yang terjadi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 20 Kabupaten Simeulue ini membawa luka mendalam pada korban kebakaran dan juga umumnya masyarakat Simeulue.

Pantauan Waspada di lapangan, sekitar pukul 08:30 WIB kobaran api sudah dapat dipadamkan oleh pihak pemadam kebakaran dibantu oleh aparat TNI-POLRI dan masyarakat.

Camat Simeulue Timur Alimuhayatsyah, SH yang dikonfirmasi Waspada belum dapat merincikan kerugian total. Informasi yang diperoleh, ruko yang terbakar 29 unit ludes, dua rusak ringan. Dampak kebakaran dirasakan oleh 26 KK dan 110 jiwa. Tanggap darurat telah disalurkan berupa sarapan pagi dan saat ini sedang menyiapkan tenda pengungsian.

Pihak korban sendiri yang coba diwawancara tampak masih kelelahan. Sebagian sedang berusaha menyelamatkan yang dapat diselamatkan dari puing yang tersisa serta sebagian pula sedang mencari tempat berteduh.

"Sedih sekali nasib kita, Simeulue saat ini," ujar sebuah sumber di lapangan kepada Waspada saat di lokasi kebakaran.

Katanya, kita masyarakat pulau yang saat ini idealnya bertambah makmur dan menikmati yang namanya hidup sejahtera namun dalam kurun waktu belakangan, serasa semakin surut. Bahkan, katanya bencana datang silih berganti. Lihatlah kebakaran pusat perdagangan di kota Sinabang, seakan datang bergantian.

Kemudian, viralnya video amoral Bupati Simeulue, kapal ferry rusak berkepanjangan, kapal Perintis saat ini off tidak berlayar, PLN sering padam, sembako mahal, jalan umum rusak di sana-sini dan banyak lagi lainnya.

"Ada apa ini ya," tambah sumber tadi dengan nada bertanya. Dia berharap masyarakat Simeulue untuk bertafakur serta meningkatkan rasa kasih sayang sesama. 

Pada kesempatan itu dia mengimbau bagi yang berkemudahan untuk membantu korban kebakaran Simpang Lima Sinabang tanpa harus berasumsi sudah dibantu oleh pemerintah. 

"Soalnya, pada peristiwa-peristiwa beberapa kali kebakaran dalam dua tahun terakhir ini, bantuan bagi korban kebakaran dari pemerintah, hanya Allah dan yang menerima yang tahu," jelasnya. (Crm)

Waspada/ Rahmad: Video kebakaran kota Sinabang Pagi Sabtu (12/10).