Siholta" Bentuk Kepedulian Dan Panggilan Jiwa Untuk Kampung Halaman

JAKARTA ( Waspada) Siholta, sebuah outlet foto tradisional dan pusat oleh-oleh yang hadir di kawasan Danau Toba, tepatnya di Jl. Siborongborong - Doloksanggul Km 7 Desa Nagasaribu II Kecamatan Lintong merupakan bentuk kerinduan dan kepedulian serta panggilan jiwa untuk kampung halaman, bagi alumni Universitas Sumatera Utara (USU) Aldentua Siringoringo SH MH bersama istri, Sarmida Br Silaban.

Siholta
Ket Gambar : Aldentua Siringoringo ( kiri) bersama istri Sarmida Br Silaban (kanan), foto bersama sepasang suami istri di depan Rumah Batak di outlet Siholta Jl. Siborongborong - Doloksanggul Km 7 Desa Nagasaribu II Kecamatan Lintongnihuta Humbang Hasundutan (Waspada/ist)

"  Kehadiran  Siholta, outlet foto tradisional dan pusat oleh-oleh ini,  juga sebagai bentuk nyata dari peranan perantau untuk turut serta memajukan kepariwisataan Danau Toba, yang saat ini sedang gencar gencarnya dibangun dan dibenahi  Presiden Joko Widodo," ujar Aldentua Siringoringo SH MH, Senin ( 18/11) di Jakarta.


 Menurut  pengacara kondang ini, outlet Siholta yang didirikan dan diresmikan minggu lalu di Jl. Siborongborong - Doloksanggul Km 7 Desa Nagasaribu II Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), kemarin, diharapkan akan menjadi  wadah bagi para wisatawan  untuk mengenal lebih dekat  budaya dan tradisi Batak.

 Di outlet Sihotla ini para wisatawan  bisa  melihat dan merasakan sendiri bagaimana sensasi berpakaian Ulos Batak, memainkan alat musik Gondang Batak dan mendokumentasikannya dalam bentuk foto di depan dan di dalam rumah Batak.

Aldentua  menjelaskan  pesan yang melatar belakangi dirinya beserta keluarga mendirikan  oulet Siholta  adalah kerinduan . "SIHOL"  (kerinduaan ) " TA" ( Kita ), jadi Siholta  artinya kerinduan  kita akan kampung halaman dan kerinduan kita memajukan kampung halaman ," katanya.


"Kita harapkan, kehadiran Siholta ini dapat memajukan daerah sekaligus  membantu home industri untuk mensejahterakan masyarakat. Selain itu, disini juga sebagai wadah edukasi kultural kepada para generasi muda agar lebih mudah belajar mengenal, mengerti, memehami kearifan lokal budaya Batak," papar Aldentua Siringoringo.

Sementara Tokoh masyarakat Sumut,  yang hadir saat peresmian outlet Sihotla, RE Nainggolan, mengapresiasi berdirinya oulet Siholta. Menurutnya usaha itu merupakan sebuah kerinduan yang diidamkan oleh masyarakat luas khususnya bagi pemiliknya. Atas dasar itulah,  R. E Nainggolan  mendoakan agar usaha itu menjadi tempat yang penuh berkat dan kebahagiaan bagi siapapun yang berkunjung 

Ditambahkan, kehadiran usaha Siholta juga akan  mendukung program pemerintah  mengembangkan destinasi pariwisata Danau Toba

RE Nainggolan berharap  uasaha ini  ditata dengan baik  sehingga usaha ini bisa menjadi salah satu paket  wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba . Dia  menyarankan pada  pemilik, nantinya dapat berkolaborasi dengan masyarakat sekitar, 

Peresmiaan outlet Siholta yang digagasi   pasangan suami istri ini  juga dihadiri Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Marolop Nainggolan, Ketua Umum DPP PSSAB, JB Siringoringo serta  sejumlah undangan dari luar kota dan mancangera.

 Acara diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran Pdt. Kancon Nababan STh. (aya)