SD IT Al Ihya Batubara Juara III Nasional Lomba Budaya Mutu

TANJUNGGADING (Waspada): Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Al Ihya Tanjunggading Kab. Batubara berhasil meraih juara III Nasional dalam Lomba Baku Mutu yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, di Tanggerang (18/10).

SD IT Al Ihya Batubara Juara III Nasional Lomba Budaya Mutu
Kepala SDIT Al Ihya Tanjunggading Iswanto menerima penghargaan dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar LBM kategori sekolah swasta komponen Perpustakaan. ( Foto Ist)

Kepala SD IT Al Ihya Iswanto kepada wartawan, Minggu (20/10) menyampaikan, keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh pihak yang ada disekolah juga berkat dukungan dari Ketua Yayasan Al Ihya H Indah Pandia, Ketua Komite Aon Rahadian, Ketua POMG H  Edy Priyanto serta Plt Kadis Pendidikan Barubara Ilyas Sitorus.

Dikatakannya, SDIT Al Ihya sudah mengikuti tiga kali Lomba Baku Mutu ( LBM) ini namun baru kali ini berhasil meraih juara, kategori sekolah dasar swasta komponen Perpustakaan sekolah.

" Dengan prestasi nasional ini, kita harapkan seluruh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dapat termotivasi untuk meningkatkan mutu sekolah, sehingga SDIT memiliki daya saing yang tinggi," kata Iswanto.

Dijelaskannya dalam proses LBM sekolah menyusun administrasi, portofolio, selanjutnya proses visitasi lapangan LBM. Visitasi Lapangan LBM di sekolah dasar merupakan tahapan yang ketiga dalam penyelenggaraan Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar tahun 2019. 

Proses visitasi ini tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melakukan penilaian melalui kunjungan lapangan ke sekolah dasar yang telah lolos administrasi dan portofolio.

 Visitasi Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar Tahun 2019,   memotret beberapa komponen yang ada disekolah yaitu: (1) Profil dan program sekolah; (2) Budaya mutu manajemen berbasis sekolah (MBS); (3) Budaya mutu pembelajaran; (4) Budaya mutu ekstrakulikuler; (5) Budaya mutu perpustakaan; (6) Budaya Mutu kesehatan Sekolah (UKS).

Melalui kegiatan visitasi lapangan LBM ini SDIT dipilih bersama 120 sekolah dasar yang masuk sebagai grand finalis. Tindak lanjutnya yang akan dihadapi oleh sekolah dasar yakni berupa presentasi dan wawancara. 

 Pada penilaian LBM tahun 2019, komponen penilaian lomba meliputi MBS, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, UKS (Unit Kesehatan Sekolah), dan Perpustakaan.

LBM ini sekolah yang pernah menjadi pemenang di LBM tahun sebelumnya, tidak akan diikutsertakan kembali dalam LBM tahun 2019. ( C05)