Waspada
Waspada » PSMS Bersyukur PSSI Lanjutkan Liga   
Headlines Olahraga PSMS Medan

PSMS Bersyukur PSSI Lanjutkan Liga   

SEJUMLAH pemain PSMS saat menjalani latihan tertutup di masa pandemi Covid-19 di Stadion Kebun Bunga Medan pada 8 Juni lalu. Antara

MEDAN (Waspada): Manajer PSMS Medan, Mulyadi Simatupang, bersyukur akhirnya PSSI memutuskan melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 yang sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19.

“Sejak awal memang kita berharap liga dilanjutkan. Keputusan PSSI ini juga membuat tim semakin bersemangat berlatih. Mengingat sejak awal kami memasang target tinggi musim ini kembali meraih tiket promosi ke Liga 1,” ujar Mulyadi, Jumat (19/6).

Dikatakan, dalam waktu dekat pelatih dan seluruh pemain segera bergabung. “Pada awal Juli nanti semua pemain sudah harus di Medan untuk berlatih secara penuh,” katanya.

Mulyadi pun berharap untuk pembagian grup, PSSI nantinya tidak melihat zona atau wilayah klub, tapi diacak untuk segera disampaikan melalui surat resmi kepada semua klub. “Sehingga kami tidak ragu lagi dalam melakukan persiapan tim,” ucapnya.

PSSI memastikan melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020 pada September atau Oktober mendatang. Keputusan ini diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6) secara virtual. Namun, PSSI baru merilis keputusan tersebut pada Jumat (19/6).

Kompetisi Liga 1 dan 2 2020 terpaksa dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia.

“Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Selain melakukan koordinasi dengan klub-klub, PSSI juga mengklaim sudah menjalin komunikasi dengan Asosiasi Pelatih Sepakbola Indonesia (APSSI) serta Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Seluruh pihak disebut sepakat ingin melanjutkan kompetisi.

PSSI juga sudah melakukan koordinasi dengan Kemenpora, Kemenkes, tim Gugus Tugas Covid-19 terkait lanjutan kompetisi ini.

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI termasuk waktu penyelenggaraan mulai dan ujung kompetisi,” tambah Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Saat ini PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain,” tambahnya.

LIB Sudah Siap

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sendiri selaku operator kompetisi sudah menyiapkan sejumlah skema untuk melanjutkan Liga 1 dan 2.

Keputusan PSSI untuk melanjutkan Liga 1 dan 2 musim ini pun disambut positif Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB. Ia menyebut pihaknya sudah siap untuk melangsungkan kedua kompetisi itu.

“Sebagai operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, kami siap untuk melanjutkan bergulirnya dua kompetisi tersebut. Patut diketahui, beberapa persiapan sudah kami lakukan dan akan kami lanjutkan untuk proses berikutnya,” kata Akhmad.

Seluruh pertandingan Liga 1 rencananya akan dipusatkan di Pulau Jawa dan penghapusan degradasi. Sementara untuk Liga 2, diubah formatnya menjadi home tournament serta cuma dua klub saja yang promosi di musim depan.

“Opsi pertama, kompetisi kami gulirkan pada September dan opsi kedua pada Oktober. Untuk pembagian grup atau sentralisasi, penentuan lokasi pertandingan dan hal-hal teknis lainnya akan kami umumkan kemudian,” ucapnya. (m33/ant/goal)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2