Program Belajar Luar Sekolah,  SMA Islam An-Nizam Gelar Study Wisata 

    MEDAN (Waspada): SMA An Nizam melaksanakan Kegiatan Study Wisata Aek Nauli Elephant Conservation, kegiatan merupakan agenda kesiswaan SMA An Nizam yang dilaksanakan setiap tahunnya pada semester 1 setiap tahun ajaran berjalan. 

Program Belajar Luar Sekolah,  SMA Islam An-Nizam Gelar Study Wisata 
Sejumlah siswa SMA An Nizam saat melakukan study wisata di ke Aek Nauli Elephant Conservation yang dilaksanakan belum lama ini.Waspada/Ist

 Kepala SMA An Nizam Drs. Sularno, MP. didampingi Wakasek Kesiswaan sekaligus penanggung jawab kegiatan Yudistira Avandi, S.Pd., M.Si, mengatakan, tahun ini SMA Islam An-Nizam melaksanakan kunjungan ke Aek Nauli Elephant Conservation. 
    Di Aek Nauli Elephant Conservation ini seluruh siswa dan guru di berikan edukasi tentang konservasi gajah dan diakhiri dengan memberi makan gajah. Dalam kesempatan itu siswa juga melakukan tanya jawab tentang banyak hal seputar konservasi gajah di lokasi ini, siswa terlihat sangat antusias mengajukan pertanyaan. 
    Selanjutnya rombongan study wisata bergerak menuju Mess Pora-Pora Tengku Rizal Nurdin Pemprovsu, kemudian sore hari kegiatan dilanjutkan dengan kedatangan Tim dari PT. Aquafarm Nusantara, yaitu perusahaan swiss yg mengolah dan mengekspor ikan nila dr Danau Toba ke manca negara. 
    Usai makan malam bersama kegiatan dilanjutkan dengan Pentas Seni siswa-siswi  SMA An-Nizam di halaman belakang mess dengan pemandangan terbuka ke arah Danau Toba. Setelah shalat shubuh  pagi harinya siswa/i dan guru berolahraga tepat di pinggiran Danau Toba. Selajutnya rombongan menuju rumah pesanggrahan Soekarno untuk study sejarah yang dipandu langsung oleh Guru Sejarah SMA An Nizam Desri,S.Pd. 
    Selanjutnya setelah puas menikmati keindahan Danau Toba seluruh siswa melaksanakan dhuha, kemudian seluruh rombongan SMA An Nizam kembali ke medan usai melaksanakan shalat Jumat.
    "Meski jadwal cukup padat namun selama kegiatan ini anak-anak tetap diwajibkan melaksanakan ibadah seperti shalat Jama' Qashar berjamaah dan diisi dengan kultum kalau biasanya biasanya dibawakan oleh siswa, kali ini kultum disampaikan oleh guru secara bergantian yaitu Andi Darmadi, S.Pd., (Wakasek kurikulum), Yudistira Avandi, M.Si. (Wakasek Kesiswaan), Shabrina Dzahroh, S.Pd. (Guru Fisika), Andini Raihan, S.Pd.(Guru BK), dan khutbah jumat disampaikan Fajar Albanna (Guru Agama).
    Ketua Yayasan Pendidikan An Nizam Ir.H.Ali Umar menyambut baik study wisata yang dilaksanakan siswa SMA An-Nizam sebagai upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa dengan belajar langsung lingkungan sekitar.
    Dia berharap kegiatan ini tidak sekedar rekreasi dan hura-hura, tapi juga untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para siswa tentang sistem pendidikan luar sekolah yang mengandung banyak unsur edukasi. 
    Hal senada juga disampaikan koordinator pendidikan An Nizam Dr. H. Hasnan Syarief Panggabean, M.Pd. menurutnya studi wisata bagi para guru dan siswa merupakan kegiatan yang postif menambah wawasan pengetahuan serta keterampilan bagi siswa.
    Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana rekreasi atau menghilangkan rasa jenuh bagi para siswa ataupun guru serta memudahkan para guru dalam menerangkan bahkan mempraktikkan beberapa mata pelajaran yang diberikan di kelas. "Semoga ini dapat memotivasi siswa dalam belajar serta dapat mengukur prestasi para siswa," ujarnya. Erzilmarkos