Polisi Tembak Pelaku Kejahatan Gembos Ban 

MEDAN (Waspada): Personel Reskrim Polsek Percut Seituan menembak kaki pelaku kejahatan modus gembos ban yang mencoba melawan petugas dan melarikan diri di kawasan Titi Sewa Tembung, Selasa (15/10). Tersangka RS alias Kap, 44, warga Jl. Jermal, Kel. Martubung, Kec. Medan Labuhan dalam keadaan tidak berdaya diboyong ke RS Bhayangkara Medan.

Polisi Tembak Pelaku Kejahatan Gembos Ban 
Personel Percut Seituan menunjukkan tersangka Jab, pelaku gembos ban yang ditembak kakinya saat berada di RS Bhayangkara.Waspada/Ist

Kapolsek Percut Kompol Aris Wibowo kepada wartawan, Rabu (16/10) menjelaskan, tersangka bersama dua temannya mencoba melakukan aksi kejahatan gembos ban terhadap nasabah bank BCA, Hendrian, 37, pegawai swasta, warga Jl. Bunga Blok I no. 8, Kel. Belawan 2, Kec. Medan Belawan di Jl. Cemara simpang Gerbang Perumahan Cemara Asri sekira pukul 12;00 WIB.

Waktu itu korban dari kantor toko ban Sehati menuju Bank BCA Cemara untuk menarik uang melalui cek dan setor tunai kembali di Bank BCA Cemara. 

Sesampainya di parkiran Bank BCA Cemara, korban masuk membawa tas samping warna hitam. Selesai transaksi di Bank BCA, korban kembali ke toko ban. "Baru sampai di depan komplek Cemara Asri, korban melihat seorang mengendarai sepedamotor Yamaha King warna biru menempelkan semacam paku di ban belakang sebelah kiri dan mendengar suara ban mobil kempes yang diparkir di dealer Indako," jelasnya.

Melihat itu, korban menelefon temannya Salahudin dan meminta tolong untuk datang karena korban merasa akan dirampok. Setelah sampai Salahudin bersama dua orang temannya, korban menunjukkan kepada Salahuddin, orangnya yang naik sepedamotor.

Selanjutnya Salahudin bersama bersama dua temannya mendekati pelaku yang kemudian kabur menggunakan sepedamotor, tetapi terjatuh, pada saat bersamaan ada personil Polsek Percut sedang berpatroli dan menangkap pelaku. Tersangka kemudian diboyong ke Polsek. Sedangkan korban membuat pengaduan agar  pelaku dapat diproses hukum.

Hasil interogasi, tersangka mengaku melakukan aksi bersama dua temannya M als pak Kaleb dan PG dengan modus gembos ban dan mengambil barang milik korban,

Kompol Aris menjelaskan, selanjutnya tim melakukan pengambangan mencari tersangka lain di daerah Titi Sewa Tembung. "Saat tersangka RS alias Jab diturunkan dari mobil untuk menunjukan tempat persembunyian temannya, pelaku berusaha melakukan perlawanan dengan cara memukul anggota tim untuk mencoba melarikan diri," jelas Aris.

Selanjutnya tim melakukan tembakan peringatan ke udara namun tersangka tidak mengindahkan, petugas kemudian melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kedua kaki tersangka.

Dalam keadaan tidak berdaya, tersangka diboyong ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis dan selanjutnya bersama barang bukti di boyong ke komando.

Dijelaskan Aris, pengakuan tersangka, sudah dua kali melakukan aksi di Jl. Cemara depan komplek Cemara Asri dan Jl. Krakatau depan SD Inpres simpang Jl. Bilal, Kamis (10/10). Tersangka RS als JAB adalah residivis kasus gembos ban/ pecah kaca tahun 2017.

Dari tersangka disita barang bukti sepedamotor King BK 6630 AIR, sepatu, paku untuk menggemboskan ban dan mobil Avanza warnah hitam. (m39)