Polda Aceh Tangkap Pimpinan Kelompok Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam

BANDA ACEH (Waspada): Direktorat Kriminal Khusus Polda Aceh menangkap pelaku pembuat video ancaman yang meresahkan warga luar Aceh yang tinggal di Aceh.

Polda Aceh Tangkap Pimpinan Kelompok Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam
KABID Humas Polda Aceh Kombes Ery Apriyono dalam konferensi pers di Mapolda Aceh didampingi Dirkrimsus Polda Aceh Kombes T Saladin dan pejabat utama Polda.

Video tersebut telah beredar beberapa waktu lalu di media sosial, isi video tersebut berisi tentang maklumat pengusiran warga yang bukan asli Aceh untuk keluar dari Nanggroe Aceh Darussalam dalam tempo singkat.

"Dari hasil penangkapan itu dua orang diamankan diantaranya Yahdi Ilarusydi alias Abu Bakar Al-Asyi (PKAD/AM/TIAD) merupakan pimpinan kelompok dan Ridwan Muhammad Jafar (Anggota PKAD/AM/TIAD)." terang Kabid Humas Polda Aceh Kombes Ery Apriyono dalam konferensi pers di Mapolda Aceh didampingi Dirkrimsus Polda Aceh Kombes T Saladin dan pejabat utama Polda.

Kedua pelaku ditangkap tim gabungan Polda Aceh di kawasan Kabupaten Bireuen, pada Kamis (7/11/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Dari tangan keduanya, polisi menyita sepucuk senjata laras pendek rakitan dan sejumlah barang bukti lainnya.

Kabid Humas menjelaskan, kedua tersangka ini pada September lalu pernah memviralkan sebuah video di akun Facebook yang berisi tentang SARA dan ujaran kebencian yang meresahkan masyarakat," jelas Kombes Ery Apriyono.

Polda Aceh menyebutkan kedua tersangka yang ditangkap ini menamakan diri Kelompok Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam/Aceh Merdeka dan Tentara Aceh Darussalam (PKAD/AM TAD). Dan kelompok ini mrmulai pembuatan video tentang kelompoknya sejak Agustus lalu. (cb01)