PLTA Batangtoru Serahkan 4 Qurban Raja Di Tapsel

TAPSEL (Waspada): PLTA Batangtoru menyerahkan empat hewan qurban berupa sapi berukuran 100 kilogram ke atas (Qurban Raja) kepada masyarakat di Kecamatan Sipirok, Marancar dan Batangtoru, Kab. Tapanuli Selatan, Minggu (11/8).

PLTA Batangtoru Serahkan 4 Qurban Raja Di Tapsel
PT. NSHE diwakili Dede Wafiza dan Irsan Muhtadi, serahkan hewan qurban berupa empat ekor sapi dengan berat di atas 100 Kg kepada warga Sipirok, Marancar dan Batangtoru. Waspada/Ist

Dede Wafiza Ashia, Publik Relation PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) perusahaan konsorsium PLTA Batangtoru, menyebut penyerahan hewan qurban tersebut dalam rangka menebar keberkahan dan membahagiakan sesama di hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

Keempat hewan qurban itu diserahkan Dede Wafiza bersama Irsan Mutadi dari Financial Team PT. NSHE, kepada panitia qurban Dusun Dano Desa Batang Paya dan Masjid Raya Sri Alam Dunia, Kec. Sipirok. Kemudian panitia qurban Kel. Pasar Sempurna, Kec. Marancar, dan Desa Hapesong Baru, Kec. Batangtoru.

“Kita berharap, qurban ini dapat menjadi berkah dan ibadah. Sekaligus mampu memupuk rasa kebersamaan antara perusahaan dengan masyarakat di tiga kecamatan lingkar PLTA Batangtoru,” kata Dede.

Sutan Parlindungan Suangkupon Siregar, tokoh masyarakat Sipirok, berterimakasih atas kepekaan PLTA Batangtoru terhadap kondisi sosial warga sekitar. Utamanya dalam bidang sosial keagamaan.

"Semoga hewan kurban yang disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat luas ini menjadi berkah dan amal ibadah bagi kita semua. Kami berharap perusahaan terus mempertahankan kepeduliannya terhadap warga sekitar," harapnya.

Senada dikatakan Chandra Nainggolan, panitia di Dusun Dano, Kec. Sipirok, dan Pangidoan Rambe, panitia di Desa Hapesong Baru, Kec. Batangtoru. Sudah berbagai bentuk kepedulian perusahaan yang warga terima dan rasakan manfaatnya.

“PLTA Batangtoru masih tahap pembangunan atau belum menghasilkan apapun, namun warga sudah menerima berbagai bentuk bantuan yang bukan hanya di bidang sosial keagamaan. Tetapi juga di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan,” katanya.

Mereka berharap kepedulian PLTA Batangtoru kepada masyarakat terus ditingkatkan setiap tahunnya. Doa masyarakat, pembangunan pembangkit energi terbarukan ini segera tuntas dan tanpa hambatan apapun.

PLTA Batangtoru berkapasitas 510 MW yang merupakan proyek strategis nasional energi terbarukan, dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Ditarget beroperasional mulai tahun 2022 dan mampu memenuhi kebutuhan listik di Sumatera Utara.

Memanfaatkan aliran Sungai Batangtoru, PT. NSHE  gencar mengkampanyekan agar masyarakat sepanjang aliran sungai menjaga lingkungan. Perusahaan juga berupaya maksimal menjaga dan bahkan memperbaiki ekosistem lanskap Batangtoru. (a27)