PLTA Batangtoru Bantu Peralatan BKSDA

TAPSEL (Waspada): Guna menyukseskan kerja-kerja konservasi, PT. North Sumatera Hydro Energi (NSHE) selaku perusahaan pemilik PLTA Batangtoru menyerahkan bantuan perlengkapan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Padangsidimpuan.

PLTA Batangtoru Bantu Peralatan BKSDA
KABID Konservasi BKSDA Wil. III Sidimpuan Gunawan Alza bersama Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu dan Firman Taufick mewakili manajemen PT. NSHE saat penyerahan bantuan PLTA Batangtoru. (Waspada/Ist)

Bantuan tersebut berupa 10 unit kamera trap yang dipergunakan untuk mengamati perilaku satwa di hutan, satu unit kereta taril, dan satu kandang transit khusus untuk binatang buas.

Diserahkan Communication and External Relation Director PT. NSHE Firman Taufick dan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu kepada Kepala Bidang Konservasi BKSDA Wil. III Padangsidimpuan Gunawan Alza, pada puncak peringatan Hari Harimau dan Hari Orangutan se Dunia di aula kantor Bupati Tapsel di Sipirok pekan kemarin.

Gunawan Alza berterimakasih kepada PT. NSHE yang memperhatikan dan membantu peralatan untuk kesuksesan tugas-tugas mereka, khususnya dalam hal konservasi di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Disebutkan, kamera trap sangat banyak manfaatnya bagi mereka. Terutama untuk merekam dan mengetahui sejauh mana keberadaan jumlah, perilaku dan gerak-gerik satwa dalam hutan.

"Sebagian kamera trap  akan kita pasang di sekitar komplek perkantoran Pemkab Tapsel. Untuk mengetahui satwa apa saja yang ada di sana, apalagi belakangan ini ditemukan jejak mirip jejak harimau di sana," kata Gunawan.

Bantuan kereta trail sangat menolong tugas-tugas pengawasan, penelitian dan konservasi. Sedangkan kandang transit atau kandang umpan dapat digunakan untuk menangkap hewan buas seperti harimau masuk kampung di Kab. Padanglawas.

Gunawan berharap perusahaan lain yang area kerjanya bersinggungan dengan hutan atau habitat satwa liar, turut memberi perhatian serius terhadap upaya-upaya konservasi seperti yang dilakukan PLTA Batangtoru. (a27)