Pertamakalinya, Azan Berkumandang dengan Pengeras Suara di Amsterdam

Pertamakalinya, Azan Berkumandang dengan Pengeras Suara di Amsterdam
Masjid Biru di Amsterdam, Belanda. The Irish Times

DEN HAAG, Belanda (Waspada): Panggilan azan untuk pertama kalinya berkumandang melalui pengeras suara di Amsterdam, Belanda. Suara azan itu terdengar pada Jumat (15/11/2019).

 

Menurut juru bicara Masjid Biru, Nourdeen Wildeman, mereka sudah merencanakan azan melalui pengeras suara pada Jumat sebelumnya, namun kabel sistem di audio diputus oleh orang tidak dikenal. Para jemaah dan penduduk setempat berdiri di luar masjid dan mengabadikan momen emosional ini lewat ponsel mereka yang bertepatan saat salat Jumat.

 

Berbicara kepada kantor berita Turki Anadolu Agency, Nourdeen Wildeman merasa senang dan terhormat mendengar lantunan azan dengan menggunakan pengeras suara meskipun terjadi penundaan.

 

Wildeman mengatakan sebanyak 7 persen masjid di Belanda mengumandangkan azan selama bertahun-tahun. Namun azan dari Masjid Biru adalah yang pertama kalinya di Amsterdam.

 

"Ada reaksi berbeda dari penduduk setempat. Beberapa mengkritiknya tetapi secara umum meresponsnya secara positif," kata dia, seperti diberitakan Anadolu, Senin (18/11/2019).

 

Ursula van Spronsen, warga setempat, mengatakan datang ke masjid untuk pertama kalinya demi mendengar azan. Setalah mendengarkannya, Spronsen menyampaikan suara azan terdengar indah.

 

Kebebasan beragama dilindungi oleh konstitusi di Belanda. Aturan ini membolehkan semua agama menyerukan para jemaahnya untuk beribadah sebagaimana diatur dalam hukum pada 1980.

 

Menurut undang-undang, kotamadya dapat membatasi durasi dan volume azan, tetapi tidak boleh melarangnya. Saat ini, ada sekitar 500 masjid di seluruh Belanda. (anadolu/And)