Permudah Proses Pembangunan Pesantren, Diniyah Dan LPQ

Kemenag Aceh Gelar Rakor Di Sabang

Permudah Proses Pembangunan Pesantren, Diniyah Dan LPQ
Suasana pembukaan rakor dan evaluasi jajaran Kemenag Aceh di Sabang. Waspada/T. Zakaria Al Bahri


SABANG (Waspada): Kepala Kanwil Kemenag Aceh mengharapkan kemudahan dalam proses pembangunan pesantren, diniyah dan Lembaga Pengajaran Quran (LPQ).

Demikian sambutan Kakanwil Kemenag Aceh yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha H Saifuddin, SE saat rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pendidikan diniyah dan pondok pesantren di Aceh yang berlangsung di Aula Mata Ie Resort Sabang, Rabu (2/10).

Rakor yang digelar Kemenag Aceh itu dihadiri 50 peserta, terdiri dari unsur Dispora Aceh, bidang penanganan pendidikan diniyah dan pondok pesantren serta unsur dari Dinas Syariat Islam kab/kota se-Provinsi Aceh.

Kata dia, Rakor dan evaluasi ini bentuk kepedulian Kementerian Agama dalam rangka pembinaan pengembangan sistem informasi Islam, serta penguatan kapasitas lembaga-lembaga pendidikan agama Islam di Aceh pada khususnya.

“Dengan penyelenggaraan ini, kita berharap agar para peserta memahami sepenuhnya segala sesuatu tentang pentingnya perencanaan pendidikan pengelolaan dan pengembangan informasi serta singkronisasi data dayah dengan data teknis, sehingga memudahkan dalam proses pembangunan pesantren, diniyah, dan LPQ,” sebut kepala Kanwil. Kemenag Aceh.

Wali Kota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom, dalam sambutanya yang disampaikan Asisten I Setda Kota Sabang Andri Nournan, mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, yang telah berkenan menjadikan Kota Sabang, sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakor dan evaluasi pendidikan diniyah dan pondok pesantren yang digelar selama empat hari tersebut.

Dia mengatakan, masyarakat dan Pemerintah Kota Sabang akan selalu membuka diri bagi setiap kegiatan yang akan digelar di Kota Sabang, baik itu tingkat kabupaten/ kota, provinsi, maupun tingkat nasional. “Mudah-mudahan kegiatan seperti ini tidak hanya Rakor, tentunya masih banyak kegiatan lain yang bisa menghadirkan teman-teman seluruh Aceh bahkan Indonesia ke kota Sabang ini. Pemerintah Kota Sabang tentunya akan menjadi tuan rumah yang baik bagi semua pihak,” sebut Asisten I Setda Sabang, Andri Nournam.

Pelaksanaan rapat koordinasi ini tentuya sangat bermanfaat bagi semua pihak, terutama pemangku kebijakan, baik itu di Kanwil, maupun bagi jajaran Kemenag di seluruh Aceh, dalam rangka menyamakan persepsi dan penyusunan program-program ke depan, baik itu di Kementerian Agama tingkat kabupaten/kota, Kanwil, bahkan tingkat nasional atau Kementerian Agama Republik Indonesia sendiri.(b31/B)