Waspada
Waspada » WINNER 2020 Pererat Kolaborasi Riset Indonesia-Belanda
Pendidikan

WINNER 2020 Pererat Kolaborasi Riset Indonesia-Belanda

JAKARTA (Waspada): Kerja sama internasional dalam penelitian dan pendidikan sangat penting untuk mengembangkan penelitan, pendidikan dan teknologi di Indonesia.

Karena itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan sangat menyambut baik kolaborasi internasional antara Indonesia dan Belanda dalam program WINNER 2020.

“Kami menyambut baik pelaksanaan WINNER 2020 ini karena kerja sama internasional sangat diperlukan terutama dengan Belanda,” ujar Bambang dalam keterangan pers lewat virtual di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

WINNER adalah sebuah acara yang memberikan kesempatan untuk merefleksikan sejarah panjang kolaborasi Belanda-Indonesia, mengidentifikasi prioritas bersama, memperdalam hubungan antara kedua negara dan membentuk kolaborasi baru.

Bambang menyontohkan kerja sama yang dilakukan terkait peningkatan kualitas perguruan tinggi Indonesia di tingkat dunia.
Saat ini universitas di Indonesia menduduki peringkat 296 di QS world (rangking universitas di dunia). Peringkat itu bisa dikatakan cukup rendah di sisi Indonesia, mengingat Indonesia merupakan peringkat keempat berkaitan dengan populasi dan menduduki posisi ke-16 dalam GDP di perekonomian.

Berkaitan dengan informasi tersebut Indonesia membutuhkan untuk mempercepat peningkatan kualitas perguruan tinggi. Terutama dengan Belanda, universitas – universitas di Belanda cukup dikenal.

“Berdasarkan pengalaman saya ketika masih menjabat di Universitas Indonesia melakukan kontak dengan universitas luar negeri (baik dengan pihak universitas dan profesor) untuk menawarkan kerja sama penelitian sangatlah mudah. Melalui acara ini diharapkan kerja sama penelitian Indonesia dengan Belanda dapat terus bertambah dan akan terus mendapatkan dukungan penuh dari kedua belah negara,” jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Ingrid van Engelshoven menyatakan komitmen di tingkat tertinggi untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Belanda ke penelitian Indonesia dan peluang pendidikan serta kerja sama beasiswa.

“WINNER menjadi sebuah momentum bagi kedua negara untuk dapat terus melakukan kerja sama di masa yang akan datang,” kata Ingrid.

Ia mengajak Indonesia untuk belajar bersama, bertukar pikiran bersama agar Belanda dan Indonesia dapat menjadi pemenang.

“Perkembangan pesat di Indonesia sangat mengesankan dan kami ingin menjadi bagian dari perkembangan ini,” harap Ingrid.

WINNER diselenggarakan secara daring pada 24 November hingga 26 November 2020.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2