Waspada
Waspada » UNUSU Melirik Potensi Olahan Pisang Barangan Di Desa Siguci
Medan Pendidikan

UNUSU Melirik Potensi Olahan Pisang Barangan Di Desa Siguci

MEDAN (Waspada): Siapa yang tidak mengenal pisang barangan Sumatera Utara? Pisang barangan khas Sumatera Utara terkenal manis dan aromanya yang khas.

Pisang barangan selalu hadir dalam setiap kesempatan acara baik acara pernikahan ataupun syukuran ditengah masyarakat.

Penikmatnya juga beragam, mulai dari anak hingga orang tua, kalangan bawah hingga kalangan atas.

Pisang barangan khas Sumatera Utara tentu sudah menjadi icon dari Kabupaten Deliserdang terutama Kecamatan STM Hilir.

Salah satu penghasil pisang barangan adalah Desa Siguci.

Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara melalui Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus Tahun 2020 dari DiktiKemendikbud berupaya menggali potensi pengolahan pisang barangan sehingga dapat menambah nilai pisang barangan.

Peserta pelatihan merupakan kelompok tani perempuan di Desa Siguci dan didampingi oleh PPL Desa Siguci, Lina Ginting serta Bendahara Desa, Imanuel Ginting.

“Kami berharap semoga pengabdian masyarakat ini tidak hanya melatih skill masyarakat tapi juga dapat menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat Desa Siguci” kata Dewi Novina Sukapiring, SSi, MSi beserta kedua rekannya Dini Novita Sari, STP, MP, dan Eka Neni Jairani, SKM, MPH.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini sempat mengalami penundanaan yang sebelumnya dijadwalkan pada bulan April namun dapat terlaksana pada Bulan Agustus karena adanya pandemi Covid-19.

Namun, dalam pelaksanaannya UNUSU tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan penggunaan hand sanitizer dan masker serta membatasi jumlah peserta pelatihan.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan meliputi berbagai kegiatan seperti pengolahan hasil pertanian pisang barangan menjadi tepung pisang barangan dan nuget pisang barangan.

Selain itu, UNUSU memberikan pelatihan analisis usaha yang didampingi oleh Nurliana, SP, MP.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim UNUSU yang telah memberikan pelatihan bagi masyarakat khususnya ibu kelompok tani perempuan Desa Siguci. Semoga masyarakat Desa Siguci dapat meningkatkan ekonomi”, tutur Kepala Desa Siguci Idris Sitepu. (rel)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2